Iptek dan Lingk. Hidup

Selang Kabel Melintasi Gurun Jadi Hoax Ular

(jawapos.com)-Pembuat hoax tentang ular terpanjang di dunia ini benar2 koplak. Memanfaatkan rekaman video dari mobil, dia sebut ada ular terpanjang yang melintasi gurun di Arab Saudi. Saking panjangnya, kepala dan ekor ular itu belum ditemukan.

 

Salah satu netizen yang menyebarkan kabar itu pemilik channel YouTube Lisna Wati. “Ular hitam ini  bergerak melintas di gurun Arab Saudi 2 hari, belum ditemukan kepala dan ekornya karena panjang. Seorang imam Arab Saudi menasihati jangan tinggalkan sholat 5 waktu karna kiamat sudah dekat. Subhanallah.” Begitu narasi yang ditulis Lisna pada 13/4/2019.

 

Video yang sama mudah ditemukan di YouTube. Ketik kata kuci “ular terpanjang di Arab”, maka muncul lebih dari 10 akun yang mem-posting video itu. Isinya berupa rekaman dari dalam mobil menunjukkan benda seperti ular panjang bergerak lurus tanpa kelihatan ujung bagian kepala dan ekor.

 

Namun, netizen yang jeli pasti curiga lantaran gerakan ular itu benar2 lurus. Tidak ada liukan di tubuhnya. Yang juga pasti aneh, seberapa panjang seekor ular hingga kepala dan ekornya tidak terlihat.

 

Memanfaatkan situs padanan gambar, Jawa Pos menemukan fakta benda di video itu bukan ular hitam panjang. Fakta itu bisa dilihat di situs pencari fakta berbahasa Arab norumors.net. Situs ini menjelaskan tidak ada kebenaran dari video ular hitam terpanjang di Arab Saudi. Gambar hitam yang mirip ular itu slang kabel.

 

Saat direkam pengguna jalan dari mobil, slang hitam itu sedang ditarik ke posisi yang tepat, untuk ditanam. Slang yang akan jadi tempat kabel itu untuk menyuplai kebutuhan listrik di kawasan pertanian. Ulasan itu sudah terbit (Maret 2019). Anda dapat melihat ulasan itu di link ini, bit.ly/SelangKabel.

 

Fakta

Video viral dengan keterangan ular hitam yang panjang di Arab Saudi adalah hoax. Video itu merupakan rekaman penarikan slang kabel tanam untuk kepentingan pertanian. (Reporter : zam/fat; Editor : Ilham Safutra; Bahan dari : https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/15/04/2019/slang-kabel-melintasi-gurun-jadi-hoax-ular/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close