Wisata dan Kuliner

Pohon Tabebuya Mirip Sakura-Bermekaran Di Batam

(batamnews.co.id)-BATAM; Kawasan industri Batamindo selalu jadi pusat perhatian untuk momen tertentu. Kali ini bukan ketenagakerjaan, namun  kawasan itu dihiasi bunga2 pink dan putih yang mekar. Tanaman jenis tabebuya ini jadi sorotan pengunjung kawasan Batamindo.

 

Siang itu, orang2 tampak berswafoto dengan pohon tabebuya. Fenomena menarik ini mencuri perhatian pengunjung, baik pekerja dan masyarakat Batam yang sengaja datang kesana karena penasaran dengan pohon yang menghasilkan bunga mirip sakura ini.

 

Manager General Affair Batamindo, Tjaw Hioeng menyebutkan ada 1.836 pohon tabebuya yang ada di Batamindo. Tanaman yang berasal dari Brasil ini sudah ada sejak tahun 1993.

 

“Kalau mekarnya tidak tentu, tetapi biasanya dua tahun sekali,” ujar Tjaw Hioeng, Selasa (9/4/2019).

Tidak hanya ada di Batamindo, pohon Tabuya juga sedang mekar di sekitar pusat perkantoran Batam Center. Tepatnya di sekitar gedung DPRD Kota Batam dan ada juga di taman aspirasi.

 

Berbeda dengan tabebuya di Batamindo yang memiliki bunga warna dominan pink dan putih, tabebuya di Batam Center wana kuning keemasan. Walau mekar, keberadaan Tabebuya di Batam Center kurang menarik perhatian masyarakat. Karena posisi pohon tersebut tidak ditata dengan baik.

 

Kadis Perumahan Rakyat, Permukiman dan Pertamanan (Perakimtan) Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan pihaknya menanam 400 bibit tabebuya di sekitar waduk Kebun Raya Batam (KRB). “Saat ini sudah ada di KRB, banyak yang ditanam,” ujar Eryudhi. Dia akan menanam pohon tabebuya di kawasan2 Kota Batam.  “Kami akan cari lokasi yang pas untuk pohon itu,” kata dia.

 

Keberadaan pohon Tabebuya yang mirip sakura ini sempat viral di Surabaya. Karena menambah nilai estetika kota. (ret; Bahan dari : https://www.batamnews.co.id/berita-46702-pohon-tabebuya-mirip-sakura-bermekaran-jadi-perhatian-warga-batam-.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close