Wisata dan Kuliner

Roti Widoro Khas Sukoharjo Ada Sejak-1922

(lifestyle.okezone.com)-Tiap wilayah memiliki kuliner khas legendaris, seperti Roti Widoro di Sukoharjo. Masyarakat disana sudah tak asing dengan Roti Widoro yang diproduksi di Dusun Widoro, Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, Jateng.

 

Resep Roti Widoro diciptakan Mbah Wongsodinomo yang pernah jadi koki di Keraton Solo. Usaha Roti Widoro dirikan sejak 1922 yang eksis sampai sekarang. Keunikan Roti ini terletak pada komposisi gula pasir dan telur bebek dalam jumlah banyak.

 

Telur bebak dipilih karena mengandung protein yang lebih tinggi dari telur ayam. Sementara gula pasir berfungsi sebagai pemanis sekaligus pengawet alami. Menariknya lagi, adonan Roti Widoro dicampuri kulit jeruk purut agar lebih tahan lama.

 

Dalam video Solopos TV yang diunggah di Youtube, (12/6/2019), pengelola usaha Roti Widoro, Anto, menjelaskan, kuliner khas Sukoharjo tersebut mampu bertahan sekitar 10 hari. Dalam sehari, rumah produksi yang dikelola Anto mampu menghasilkan sekitar 4.000-an biji Roti Widoro.

 

“Roti Widoro ini diproduksi sejak 1922 oleh Mbah Wongsodinomo. Resepnya beliau dapat saat menjadi koki di Keraton Solo. Saat itu Mbah Wongsodinomo diminta mendirikan usaha Roti Widoro di rumah,” terang Anto.

 

Proses pembuatan Roti Widoro unik. Sebab, pencampuran tepung terigu dengan bahan lain dilakukan  manual menggunakan seikat lidi. Roti dipanggang dalam tiga tahap agar matang sempurna. Setelah matang, roti diberi hiasan berupa tulisan yang jadi ciri khas. Hiasan itu terbuat dari campuran gula dan putih telur.

 

Harga Roti Widoro terjangkau, yakni Rp5.000 per potong. Roti Widoro biasa diburu pembeli sebagai oleh-oleh. Keawetannya menjadikan Roti Widoro digemari dan sering dijadikan buah tangan. (ren; Bahan dari : Agregasi Solopos dan https://lifestyle.okezone.com/read/2019/06/12/298/2065791/roti-widoro-khas-sukoharjo-eksis-sejak-1922)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close