Wisata dan Kuliner

Memilih Ikan Asin Segar Dan Tidak Berformalin Pada Cirinya

(sajiansedap.grid.id)-Tidak dapat dipungkiri bahwa dibeberapa daerah, kita dapat jumpai masyarakatnya menyukai dan mengonsmsi  Ikan Asin, termasuk teman teman kita para PMP. Tapi sudahkan Anda tahu cara memilih Ikan Asin yang baik? Ikuti cuplikan dari sumber berikut :

 

Supaya tidak bingung keetika di pasar, harus tahu dulu tips memilih Ikan Asin Segar dan bebas formalin. Kualitas Ikan Asin bisa dilihat dari tampilannya. Makanan lezat ini hanya punya sedikit kemungkinan tidak enak karena rasanya, toh, cuma asin.

 

Tapi, kalau tidak beruntung, bisa saja kita mendapat Ikan Asin berbau tengik dan tajam yang sudah pasti tidak enak dimakan. Karena itu, bekali diri dengan cara memilih Ikan Asin di bawah ini sebelum kita pergi ke pasar ya.

 

Cara memilihIkan Asin

1-Sebisa mungkin pilih ikan yang dagingnya tebal

Semakain tebal dagingnya, ikan asin akan semakin mahal harganya. Tapi, daging yang tebal ini menunjukkan kalau ikan asin dibuat dari ikan berkualitas baik. Untuk teri nasi, pilih juga yang ukurannya lebih besar.Teri nasi yang terlalu kecil lebih ringkih sehingga lebih mungkin hancur saat diolah.

 

2-Perhatikan Warna Ikan Asin

Ikan asin akan selalu terlumuri oleh sisa-sisa garam, itu sebabnya ikan asin akan cenderung berwarna keputihan.  Sedapat mungkin pilih Ikan Asin yang berwarna cerah. Hindari ikan asin berwarna kemerahan.

 

3-Tekan  dagingnya

Tekan daging ikan asin dengan jari. Ikan asin yang baik harusnya dijemur hingga kering betul.

Jadi, pilih yang dagingnya keras. Hindari yang berdaging lembek atau mudah hancur.

 

4-Gunakan indera penciuman

Cium ikan asin yang diinginkan. Yang baik harusnya berbau normal seperti laut. Jangan beli ikan asin yang berbau aneh atau menusuk karena itu pertanda ikan asin telah kurang baik.

 

(Siti Afifah; Bahan dari : https://sajiansedap.grid.id/amp/102213867/cara-memilih-ikan-asin-segar-dan-tidak-berformalin-kuncinya-ada-pada-ciri-ini-dijamin-tak-akan-keliru-lagi)-FatchurR *

 

*** Waspadalah sahabat, bahwa sajian Asin bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan. Batasi mengonsumsinya. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close