Selingan

Sebelas Tradisi Lebaran(1/2)

(id.theasianparent.com)-Ada kegiatan2 yang jadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tradisi lebaran ini terjadi turun-temurun sebagai warisan budaya bangsa yang masih belum terkikis oleh modernisasi jaman. Berikut ini kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia:

 

1-Mudik

Banyaknya perantau, dari luar kota atau luar pulau untuk mencari nafkah jauh dari kampung halaman, membuat tradisi mudik tidak pernah terlewatkan di setiap Lebaran dari tahun ke tahun.

 

Apalagi libur lebaran lebih panjang dari libur di hari lain, sehingga orang2 memiliki banyak waktu pulang kampung atau berkunjung ke sanak saudara yang berada jauh khususnya orangtua. Mudik itu tradisi terbesar di hari Lebaran bagi masyarakat kita. Para pemudik bisa mencapai puluhan juta per tahun.

 

2-Halal Bi Halal

Halal bi halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling ber maaf-maaf-an.

 

Tradisi ini mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan halal bi halal melalui media online dan gadget modern. Kini banyak di antara kita saling bermaafan melalui handphone, media sosial, dll.

 

3-Takbir keliling

Malam Lebaran ditandai dengan kumandang takbir merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Dan sebagai tradisi kita sering melakukan takbir keliling menggunakan kendaraan atau jalan kaki. Kebersamaan masyarakat sangat terlihat di saat-saat seperti ini.

 

4-Menabuh bedug

Dengan bersamaan kumandang takbir, umumnya orang2 akan menabuh bedug sebagai ungkapan kebahagiaan mereka. Tabuhan bedug ini dilakukan seirama sehingga membuat suasana malam lebaram semakin marak dan mengharukan.

 

5-Ketupat

Sepulang shalat Idul Fitri, biasanya menu sarapan ketupat tersaji dengan menarik. Ketupat Lebaran ini dimakan dengan opor ayam, rendang daging, semur dan kerupuk udang. Bahagia rasanya berkumpul bersama keluarga dan makan ketupat Lebaran bersama.  (Tyas; Bahan dari : https://id.theasianparent.com/tradisi-lebaran)-FatchurR * Bersambung…………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close