Kesehatan

Agar Kalsium Mudah Diserap Tubuh

(1health.id)-Kalsium,salah satu zat paling banyak di dalam tubuh, yaitu 1,5-2% dari berat badan orang dewasa atau 1 Kg. Dari jumlah ini, 99% kalsium berada dalam tulang dan gigi. Fungsi kalsium tak kalah penting dari zat gizi lain, yaitu membantu kerja saraf, menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

Juga membantu kontraksi otot, dan mengatur hormon dalam tubuh.Untuk mendapat manfaat optimal dari kalsium, maka tubuh harus bisa menyerap kalsium dengan baik. Dalam keadaan normal, sebanyak 30-50% kalsium yang dikonsumsi akan diserap tubuh.

 

Kemampuan menyerap ini lebih tinggi pada masa pertumbuhan dan menurun saat Anda menua. Tak hanya itu, penyerapan kalsium pada laki-laki juga lebih tinggi daripada perempuan. Untuk meningkatkan penyerapan kalsium, Anda bisa lakukan hal2 berikut:

 

1-Konsumsi makanan sumber kalsium secara rutin dan dalam jumlah yang disarankan. Jumlah kalsium yang disarankan Angka Kecukupan Gizi (AKG) 2013 berkisar 1000-1100 mg. Dengan mengonsumsi jumlah yang pas membuat tubuh lebih optimal menyerap kalsium.

2-Konsumsi makanan sumber vitamin D, seperti keju, yoghurt, dan telur. Dengan tersedianya vitamin D di dalam tubuh, penyerapan kalsium pun meningkat.

 

3-Konsumsi protein yang merupakan sumber asam amino. Sebab, penyerapan kalsium paling baik terjadi dalam keadaan asam. Asam amino ini membantu peningkatan pH saluran cerna.

 

4-Melakukan aktivitas fisik secara rutin. Olahraga jenis apapun bisa meningkatkan penyerapan kalsium yang masuk ke dalam tubuh.

 

5-Konsumsi makanan sumber lemak

Saat berada di dalam tubuh, lemak dicerna dalam waktu yang cukup lama. Sehingga meningkatkan waktu transit makanan di saluran cerna. Saat inilah penyerapan kalsium berlangsung. Dengan konsumsi jumlah lemak baik yang cukup maka penyerapan kalsium pun lebih optimal.

 

(Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari :https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/agar-kalsium-lebih-mudah-diserap-tubuh,-lakukan-hal-ini-1.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close