YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Sehat Tanpa Obat(6)-Prolanis Menurunkan Prevalensi Penyakit Tidak Menular

Anda pernah sakit ? Saya yakin tentu Anda pernah merasakan nikmatnya sakit dan termasuk susahnya menderita sakit. Dengan sakit maka kebahagiaan Anda akan berkurang. Juga produktivitas Anda tidak seoptimal ketika Sehat.

 

Pertumbuhan kenaikan penderita penyakit tidak menular, terus menanjak. Agar penyakit tidak menghampiri Anda, Salah satu upayanya ikutlah Senam Prolanis. Berikut saya kutip dari media Digital Kompasiana, monggo :

 

(kompasiana.com)-Masalah Kesehatan tidak lepas dari kebiasaan harian. Dari aktifitas dan pola konsumsi tidak sehat. Fenomena transisi epidemiologi kini dimulai terjadinya pergeseran dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular (PTM).

 

PTM penyebab utama kematian global. Data WHO, dari 57 juta kematian tahun 2008, 36 juta (2/3 nya) disebabkan PTM. Penyakit Tidak Menular juga membunuh usia lebih muda. Menurut Dunia WHO, kematian akibat PTM diperkirakan terus meningkat di dunia. Peningkatan terbesar terjadi di negara2 menengah dan miskin.

 

Hipertensi, kondisi saat tekanan sistolik lebih tinggi dari 140 mmHg atau nilai tekanan diastolik lebih tinggi dari 90 mmHg. Untuk menegakkan diagnosis hipertensi perlu diukur minimal 2x berjarak 1 minggu bila tekanan darah kurang dari 160/100 mmHg..

 

Sedang Diabet Melitus (DM) itu penyakit kronis, terjadi bila pankreas tidak menghasilkan insulin yang adekuat, atau tubuh tidak efektif menggunakan insulin yang diproduksi. Hal ini berakibat ada peningkatan konsentrasi glukosa dalam darah yang dikenal dengan istilah hiperglikemia.

 

Kegiatan2 utama saat ini adalah upaya promotif dan preventif. Salah satunya melalui pemberdayaan seperti  prolanis. Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis), sistem pelayanan kesehatan, pendekatan proaktif dan pemberdayaan pada masyarakat, sehingga mencapai mutu hidup optimal dengan biaya pelayanan kesehatan efektif dan efisien.

 

Bentuknya terdiri dari konsultasi medis, home visit, sms gateway kesehatan, aktifitas klub (senam prolanis) dan pemantauan status kesehatan (Skrining). Ada kegiatan2 salah satunya senam prolanis. Inilah yang kini dikembangkan Yakes Telkom dengan pilot Proyeknya di Yakes Jabarten.

 

Dalam kelompok senam prolanis ada kader2 kesehatan KBS (Kader Bina Sehat) yang dilatih dalam pelayanan kesehatan dasar. Kegiatan prolanis tidak melayani pengobatan langsung (kuratif) namun lebih diutamakan upaya preventif.

 

Ini jadi terobosan Yakes dalam dunia kesehatan. Dan bukan tidak mungkin kasus morbiditas dan mortalitas akibat penyakit tidak menular seperti DM dan Hipertensi bisa diturunkan prevalensinya.  Pola dan kerangka pikir yang sama, mencegah itu lebih baik dari mengobati. Beberapa manfaat OR senam bagi penderita hipertensi dan DM:

 

1). Mengontrol gula darah. Dengan senam maka membakar kalori pada tubuh dan membakar asupan kadar gula yang diubah jadi energi.

 

2). Menghambat penyakit kardiovaskular dan meningkatkan daya tahan jantung dan paru2 dengan senam rutin maka menghambat dan memperbaiki faktor dari resiko penyakit kardiovaskular yang sering  menyerang penderita DM dan hipertensi. Contohnya : Stroke, jantung koroner, dan penyakit pembuluh darah perifer.

 

3). Membantu penurunan berat badan,

4). Ada keuntungan psikologis, dengan ber-OR senam teratur meningkatkan kesegaran jasmani. Ini karena gerakan senam bisa memperbaiki sistem kardiovaskular, pernafasan / respirasi, sampai  pengontrolan DM sehingga penderita merasa tubuhnya jauh lebih fit dari sebelumnya.

 

Memberdayakan Pelanggannya Yakes Telkom untuk cerdas dan cermat pada tanda2 bahaya penyakit2 yang mematikan ini. Ingat, Peribahasa dari Mahatma Gandhi “Harta Sejati itu Kesehatan, bukan emas dan perak”. (Deddy Herwandi; https://www.kompasiana.com/deddy15645/5b114443f133443af716c632/-ptm)-FatchurR *

*** Klub Antapani Senam Perkasa Cabang P2tel Bandung Timur  (Foto kiriman Joko Sari Ono; Seksi Umum KBS Bandung)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close