Kesehatan

Kesalahan Saat Mandi Dan Harus Dihindari

(1health.id)-Kesegaran setelah beraktivitas bisa didapat kembali dari mandi. Namun, jangan sampai kegiatan yang dianggap sepele oleh orang2 ini, membahayakan kesehatan. Sebab, banyak orang yang melakukan kesalahan saat mandi, seperti:

 

1-Tidakmengganti Handuk

Yang diperlukan setelah mandi itu handuk. Elizabeth Scott, Ph.D., direktur Simmons College Centre for Hygiene and Health, menyarankan selalu menggunakan handuk baru tiap hari untuk mengeringkan tubuh usai mandi agar bakteri tidak menempel pada kulit. Bila ini dirasa terlalu merepotkan, Anda bisa menggantinya tiap 2-3 hari sekali.

 

Asalkan handuk dipakai sendiri (tidak bergantian dengan orang lain), dijemur di ruang terbuka yang terkena sinar matahari dan menggunakan handuk yang masih dalam kondisi baik.

 

2-Tidak menggunakanSandal saat mandi

Kamar mandi adalah salah satu tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Penelitian yang pernah dilakukan ABC News menunjukkan bahwa lantai kamar mandi memiliki satu hingga dua juta bakteri. Itulah sebabnya, sangat disarankan untuk selalu membersihkan lantai kamar mandi secara rutin dan gunakan sandal untuk melindungi kaki dari bakteri sebelum mandi.

 

3-terlalu sering mandi menggunakan air panas

Mandi dengan air panas  bisa membuat tubuh lebih relaks. Menurut Dr. Heather Woolery Lloyd pendiri perawatan kulit khusus kecantikan di Miami, AS, mandi dengan air panas terlalu sering atau berlebihan dalam waktu lama dapat mengeluarkan minyak alami pada kulit sehingga merusak kulit. Kulit menjadi lebih kering dan tidak lembap.

 

4-Tidak menggunakan sabun yang tepat

Memilih sabun yang tepat penting saat Anda mandi. Sebagian orang ada yang memilih sabun tanpa pelembap. “Sabun tanpa pelembap bisa mengakibatkan kulit jadi kering,” ungkap Mona Gohara, MD. Pastikan memijat kulit dengan lembut agar kuman pada pori-pori keluar dan membuat tubuh Anda bersih dari bakteri dan kuman.

 

5-Berlebihan menggunakan sampo

Saat mandi kadang kita gunakan sampo dalam jumlah berlebihan karena dianggap membuat rambut lebih bersih dan wangi. Padahal, menggunakan sampo berlebihan dapat mengikis pigmen rambut dan memicu masalah2 rambut seperti rambut mudah rontok, ketombe dan rambut berminyak.

 

6-Tidak membilas dengan baik

Siram dan bilas sisa sabun atau sampo hingga bersih. Sebab, sisa sabun atau sampo yang terlalu lama menempel pada kulit bisa menyebabkan iritasi hingga menimbulkan jerawat di wajah dan punggung.

 

7-Tidak mengeringkan badan menggunakan handuk

Kadang, akibat tergesa-gesa, Anda tidak sempat mengeringkan tubuh usai mandi menggunakan handuk bersih. Padahal, mengeringkan tubuh setelah mandi sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit.

 

8-Menggunakan masker wajah setelah mandi

Karena merasa kulit sudah bersih setelah mandi, orang2 langsung memberi masker kulit pada wajahnya. Dr. Heidi Waldorf, direktur laser and cosmetic dermatology, Mount Sinai Medical mengatakan apapun yang Anda gunakan setelah mandi mudah diserap  kulit, sehingga memungkinkan terjadinya iritasi. Sebaiknya, tunggu beberapa saat setelah mandi, baru menggunakan masker.

 

(Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/8-kesalahan-saat-mandi-yang-harus-anda-hindari.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close