Iptek dan Lingk. Hidup

Masjid Cambridge Tanpa Jejak Karbon Pertama Di Eropa

(muslim.okezone.com)-UMAT Islam di Inggris dan di dunia, seakan dapat kado Ramadan indah, yaitu diresmikannya Masjid Cambridge. Masjid ini unik, yakni tidak berjejak karbon alias ramah lingkungan. Masjid ini hampir tidak pakai listrik, terutama siang hari, hanya mengandalkan cahaya dari jendela2.

 

Masjid ini menampung 1000 jemaah, dan ramah lingkungan pertama di Eropa. Pembangunan masjid ini butuh waktu 10 tahun. “Kami menggunakan teknologi canggih dan panel surya untuk memiliki jejak karbon hampir nol,” kata Tim Winter, Presiden Masjid Cambridge, di lokasi masjid.

 

“Seperti yang bisa kita lihat di siang hari, kita tidak butuh listrik. Karena cahaya alami dipasok melalui sumur cahaya (lubang besar diatas masjid) yang menakjubkan ini, dan jendela serta dinding bangunan” ujarnya dilansir dari Huffingtonpost.

 

Untuk memasok air wudhu dan kebutuhan taman, masjid ini mengandalkan dan menadahi air hujan. Diatasnya ada penampungan besar untuk menampung air hujan. Setelah terkumpul, baru dibagi, sebagian untuk air wudhu, untuk kebutuhan taman dll. “Kami memiliki panen hujan di atap, jadi kami gunakan itu” sambungnya.

 

Meski tak ada listrik, Masjid punya penyejuk ruangan. Masjid punya alat pompa panas. Alat itu berfungsi sebagai sumber udara, yang dapat mengubah udara panas dari luar dan udara tersebut masuk ke masjid. Selain itu, menurut dewan pengawas masjid, hal itu membantu untuk urusan tagihan listrik.

 

Jika malam hari, mereka tetap menjalankan aktifitasnya. Karena masjid memiliki pembangkit listrik yang jauh lebih ramah karena menggunakan energi terbarukan. “Kami memiliki susunan fotovoltaik (panel surya) sehingga kami hasilkan listrik dari cahaya matahari yang bersinar di cambridge” ujar dewan pengawas itu.

 

Dalam Masjid, tingginya 8 meter dengan atap diatas tiang2 berbentuk seperti pohon, menjadikan masjid terlihat indah. Selain untuk beribadah, di masjid ini ada aula untuk pertemuan komunitas muslim atau non-muslim. (ren; Iqbql  Dwi Purnama; Bahan dari :  https://muslim.okezone.com/read/2019/06/10/615/2064928/mengenal-masjid-cambridge-masjid-tanpa-jejak-karbon-pertama-di-eropa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close