YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Klub Bandung Barat-Bersenam Sehat di Pasadena dan Gerlong

Hari itu jam 07.00 Klub Kesehatan Cabang P2Tel Bandung Barat bersenam di Pasadena dan tanggal 03-Agustus di Cabang Bandung Barat bagian Utara juga diselenggarakan senam tempat di Corpu (Eks Divlat) Jalan Gegerkalong Hilir.

 

Seperti biasanya Senam yang dilaksanakan di Klub Bandung Barat adalah : Senam Telkom, Senam Jatung Sehat yaitu  Senam untuk mencegah struk dll dan Senam Hiburan Bergoyang Maumere.

Dipandu oleh instruktur Mbak Rika dan Ibu Yayah.

 

Dari beberapa sahabat mengatakan dengan senam kita dapatkan hasil sampingan yaitu kita peroleh keceriaan, kegembiraan dan kebahagiaan  dan silaturahim yang tidak kalah penting bertemu dengan teman2 pensiunan Telkom.

 

Yang utama kita punya harapan untuk tetap sehat sesuai semboyan Yakes yaitu “Lebih sehat tanpa obat” serta bagi penderita penyakit kronis, bisa bertahan agan tidak muncul komplikasi. Karena itu marilah sahabat2 hadir di tempat ini dengan konsisten.

 

Kegiatan senam ini akan dievaluasi 2-3 bulan konsistensi dan minat Anda untuk sehat. Tentu pihak Yakes akan memberikan perhatian kepada grup baru ini seperti halnya yang juga didapatkan klub kesehatan lainnya

 

 

Kegiatan lain  di Bandung Barat yang selama ini dilakukan sesuai program2 dari Yakes : Fun Walk, Kunjungan dokter, Tim KBS yang melakukan pemeriksaan Kesehatan : Ukur tensi, tinggi dan berat badan serta Lingkar Pinggang (Lipi) yang dilaksanakan sebulan sekali.

 

Seperti telah disinggung sebelumnya hari Sabtu tgl 3 Agustus 2019 mulai jam 07.00 Bandung Barat  bersenam sehat perdana KS Gegerkalong diikuti , 39 peserta.

 

Sekedar tambahan, yuk kita intip apa itu senam jantung sehat dari suatu sumber ini, monggo :

(olahragapedia.com)- Hasil penelitian, penyebab kematian terbesar disebabkan serangan jantung. Ini karena kurangnya aktivitas fisik (OR) yang dilakukan. Olahraga penting tubuh kita akan sehat dan  terhindar dari resiko penyakit para

 

Salah satu OR yang direkomendasikan untuk menjaga jantung tetap sehat yaitu senam jantung. Senam ini adalah OR untuk bergerak dan bertujuan meningkatkan fungsi jantung. Mendapatkan jantung sehat, kita tidak bisa hanya senam 1 atau 2x, tetapi harus rutin dan teratur.

 

Semua OR baik. Tapi, senam jantung sehat lebih cocok untuk pemeliharan jantung. Apalagi gerakan senam jantung ini sangat berpengaruh pada kesehatan jantung jika dikerjakan teratur. Sebelum bersenam jantung sehat, kita harus tahu tujuan senam jantung ini yaitu :

 

1-Peningkatan Metabolisme

Metabolisme yang baik menunjang kesehatan. Senam jantung ini membuat fungsi metabolism Anda meningkat dan menjaga jantung tetap sehat. Ber-OR lah rutin. Jika Anda berpenyakit jantung atau  asma, darah tinggi dll, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di Klub Senam binaan Yakes atau Kader Bina Sehat untuk menghindarkan dari resiko yang tidak diinginkan.

 

2-Aliran Darah

Salah satu penyebab penyakit jantung, tidak lancarnya aliran darah. Kondisi ini diiringi penyakit lain seperti penyakit stroke, jantung koroner, dll. Karena itu, senam jantung sehat membuat aliran darah lancar. Penyumbatan aliran darah biasanya karena timbunan lemak/kolesterol pada aliran darah.

 

Tersumbatnya aliran darah membuat oksigen terhenti. Risikonya kerja jantung berhenti. Diharapkan dengan OR, lemak atau kolesterol akan hancur dan melancarkan peredaran darah. Hasilnya kan membuat peredaran oksigen ke jantung juga lancar sehingga membuat jantung sehat.

 

3-Memperbaiki denyut nadi

Detak jantung Anda terlalu kencang atau terlalu lambat? Jika iya, berhati-hatilah dan  periksakan diri dulu ke dokter. Anda tidak boleh lengah jika berhadapan dengan detak jantung terlalu kencang atau terlalu lambat apabila Anda tidak melakukan aktivitas yang berat.

 

Kondisi ini tanda Anda bermasalah dengan jantung. Lakukan senam jantung sehat akan memperbaiki detak jantung Anda secara tidak langsung. Detak jantung bersesuaian dengan denyut nadi. Jadi, Anda bisa ukur detak jantung dengan ukur denyut nadi. Yang normal  60-100/menit.

 

4-Mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal

Jika berat Anda berlebih dan ingin menurunkan, Anda bisa berdiet dan OR. OR itu penting dalam penurunan berat badan, Anda tk bisa hanya andalkan diet. OR punya banyak tipe dan jenis, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Bila Anda tidak bisa ber-OR berat atau sebagai pemula dalam ber-OR, Anda bisa ikut  senam jantung sehat

 

OR ini gabungan gerakan2 aerobic simpel sehingga berbagai kalangan umur bisa ikut. Anda pelajari dulu senam aerobik. OR ini membakar kalori dan lemak berlebih. Juga mendapat tubuh ideal, dan jantung Anda terjaga sehat. Jadi, senam jantung memberi 2 keuntungan. Selain OR senam jantung, Anda bisa coba senam lain : Senam lantai tanpa alat yang juga bisa menciptakan tubuh ideal.

 

Bagi penderita penyakit jantung, ketika ber-OR ini mereka harus diawasi ahli seperti yang kita rasaakan dari Yakes. Jika kita bersenam terlalu cepat atau tanpa pengawasan, bukan sembuh tapi malah tambah parah. Selain olahraga, penderita penyakit jantung harus berpola hidup sehat. Karena, membuat jantung Anda sehat. (Bahan dan foto dari : Ibu Sri Surdayani; dan Ibu Mirawati serta cuplikan dari : Eita Nora; https://olahragapedia.com/tujuan-senam-jantung-sehat)-FatchurR

 

*** Halo sobat, tunggu apalagi untuk segera (bagi yang belum rutin berolah raga), bergabung dengan Klub2 Kesehatan dibawah binaan Yakestel yang ada di tiap2 Cabang P2Tel. Marilah kita terus bersemboyan dan melaksanakan “Lebih sehat tanpa obat (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close