Opini dan sukses bisnis

Kopi Kaki Dari Gunung Manglayang Menembus Ekspor

(finance.detik.com)-JAKARTA; Kopi, produk unggulan Indonesia dan berpotensi besar terus dikembangkan dan berpeluang usaha yang menjanjikan. Cerita itu dialami Kopi Geulis yang berhasil menembus pasar ekspor.

Awalnya 2017 Ai Awang, pemilik Kopi Geulis bekerja sama dengan petani sekitar memproduksi kurang lebih 500 kg kopi dari 300 pohon Kopi Arabika di lereng Gunung Manglayang Timur, Jabar di ketinggian 1500 mdpl.

Hingga saat ini Kopi Geulis telah berhasil melahirkan beberapa macam produk seperti green bean (biji kopi), roast bean (sangrai kopi), ground (bubuk kopi), selai kopi dan kedai kopi. Selain dipasarkan disekitar Sumedang, Kopi geulis juga berhasil menembus pasar internasional dengan dukungan berbagai pihak, salah satunya dengan binaan PT Pupuk Kujang.

PT Pupuk Kujang juga membantu modal kemitraan hingga bantuan peningkatan produktivitas tanaman kopi. Bantuan itu berupa pemupukan tanaman kopi hingga mampu berhasil maksimal mencapai 1.700 kg kopi dari sebelumnya hanya 500 kg kopi permusim.

Semua hal itu bagian dari program kemitraan PT Pupuk Kujang dalam rangka meningkatkan kemandirian UMKM, khususnya di provinsi Jabar sebagai wilayah operasional PT Pupuk Kujang. Anak Usaha PT Pupuk Indonesia itu, mengikutsertakan mitra binaannya dalam kegiatan internasional.

 

PT Pupuk Kujang bersama KBRI Pretoria mengikutsertakan Kopi Geulis pada Pameran coklat dan kopi terbesar di dunia, Coffee and Chocolate Africa 2019, di Ticket Dome Pro, Johannesburg, Afrika Selatan.

Pameran yang digelar 7x itu diikuti juga oleh 230 peserta yang berasal dari industri hospitality, coffee maker manufacturer, dan restoran dan di hadiri oleh tidak kurang dari 30.000 peserta.  Manager Komunikasi Pupuk Kujang, Ade Cahya menyampaikan, kini seluruh elemen bangsa harus siap bersaing dengan pasar luar negeri.

“Inilah saatnya para pelaku bisnis UKM berlomba-lomba meningkatkan kulaitas produk dan keahliannya agar mampu bersaing dalam ekonomi baik pasar dalam negeri maupun luar negeri,” katanya.

(dna/dna; Vadhia Lidyana; Bahan dari : https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4651772/cerita-kopi-dari-kaki-gunung-manglayang-tembus-ekspor)-FatchurR *

 

*** Peluang bagi anggota BPTg (Bisnis Pensiunan Telkom grup) yang berbisnis Kopi (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close