Kesehatan

Polusi Udara Membuat Takut Olahraga-Ini Saran Dokter Paru

(health.detik.com)-JAKARTA; Tujuan utama ber-OR untuk menjaga kesehatan. Namun, apa jadinya jika OR dilakukan saat kualitas udara buruk? Bukannya sehat yang kita dapatkan, melainkan penyakit yang berkaitan gangguan fungsi paru.

Praktisi kesehatan paru, dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), dari PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) menyarankan hindari aktivitas berlebihan saat  udara tidak baik. “OR ketika kualitas udara buruk akan meningkatkan jumlah polutan masuk ke tubuh” katanya saat temu media di Kantor PDPI Cipinang, Jaktim. Bukan berarti kita hindari OR karena takut polusi. Berikut strategi dari dokter Agus.

Pertama, cobalah OR indoor. Ada banyak jenis OR yang bisa dilakukan di ruangan. Untuk olahraga outdoor, pastikan untuk mengecek Air Quality Indeks (AQI) lebih dulu. “Kalau tetap mau olahraga outdoor, lakukan ketika kualitas udara sedang baik, misalnya akhir pekan,” katanya.

Lakukan olahraga saat kualitas udara bagus. Pilihlah tempat2 yang jumlah polutannya sedikit. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan masker dengan kemampuan filtrasi yang baik.

“Jadi tetap harus dilakukan olahraga, tapi lakukan dengan strategi untuk mengurangi dampak polusinya,” pungkasnya.  (up/up; Kintan nabila; Bahan dari : https://health.detik.com/kebugaran/d-4656768/polusi-udara-bikin-takut-olahraga-ini-saran-dokter-paru)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close