Kesehatan

Jantung lagi jantung lagi

Banyak artis dan sobat kita wafat mendadak karena jantung, walau tidak sedikit yang sudah dioperasi jantung, masih segar bugar karena teman teman kita sudah menerapkan “Paradigma hidup sehat”. Cara Mudah Mengetahui Kesehatan Jantung Kita
Apakah kerja jantung masih bagus atau tidak, berikut tips mudah yaitu dengan menyentuh ujung jari kaki. Jika tubuh Anda masih fleksibel untuk meraih jari kaki, berarti jantung Anda masih cukup sehat.
Dalam journal Heart and Circulatory Physiology disebutkan, mengetes salah satu elemen tubuh (jari kaki), kita bisa tahu jantung masih sehat atau tidak.

Duduklah di lantai dengan kaki diluruskan ke depan dan jari kaki mengarah ke atas.Lalu cobalah menjangkau dan menyentuh ujung jari kaki dengan tangan. Jika cukup fleksibel untuk menyentuh jari kaki artinya jantung Anda masih sehat dan fleksibel juga.

Dalam studinya, peneliti dari University of North Texas dan peneliti Jepang merekrut 526 partisipan  umur 20-83 tahun. Partisipan mengikuti tes fleksibilitas tubuh sambil diukur tekanan darah, pembuluh arteri dan aktivitas jantungnya. Hasilnya, ditemukan korelasi antara tubuh yang tidak fleksibel dengan pembuluh arteri yang tidak fleksibel, terutama partisipan di atas 40 tahun.

Mereka yang gagal dalam tes fleksibilitas tubuh dan gagal mencapai ujung jari kaki berpembuluh darah kaku, dan artinya kemampuan jantung kurang baik, efisien dan risiko penyakit jantung  meningkat. Peneliti Jepang Dr Yamamoto mengatakan, meski teori hubungan otot punggung dan kaki dengan otot di dekat jantung masih samar, tapi adanya studi ini cukup membantu.

Kekakuan otot punggung, kaki dan pembuluh jantung yang saling berhubungan itu karena komposisi kolagennya sama. “Jika Anda bisa menyentuh jari kaki saat duduk lurus, jantung Anda cukup baik. Tapi jika tak bisa, Anda perlu mendatangi kardiolog,” ujar Dr Yamamoto, (dikutip dari New York Times).

Namun Yamamoto menyebutkan tidak selamanya otot kaku adalah pertanda penyakit jantung, hanya mungkin jantungnya kurang fit dan sehat dari yang seharusnya. (Suhirto; source: Pengetahuan Umum.com)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close