Kesehatan

Mencegah penyakit Liver

TRIBUNNEWS.COM – Tidak gampang menghindari makanan yang mengandung pengawet, lemak jenuh, pewarna makanan dan bahan kimia lain meski awalnya digunakan untuk meningkatkan rasa dan tekstur, pada akhirnya justru berbahaya. Ini membuat hati (liver) bekerja ekstra membersihkan tubuh Anda dari racun. Makanan yang dapat membersihkan hati Anda.

1. Apel
Apel mengandung jumlah pektin yang tinggi, membantu hati untuk membersihkan dan menghilangkan limbah beracun seperti yang tidak diinginkan dari sistem pencernaan.

2. Kubis
Kubis mengandung enzim yang membantu hati mendetoksifikasi dan membersihkan saluran pencernaan. Makan lebih banyak hidangan yang mengandung kubis seperti kubis salad, coleslaw dan asinan kubis. Kembang kol dan brokoli juga mengandung enzim yang sama, membantu membersihkan hati.

3. Bawang putih
Bawang putih mengandung allicin-selenium dalam jumlah yang tinggi. Dua senyawa alami ini membantu hati secara alami membersihkan sistem dan menyingkirkan racun yang tidak diinginkan. Dalam jumlah kecil bawang putih tetap bermanfaat.

4. Anggur
Anggur termasuk makanan yang dapat membersihkan hati berkat kandungan vitamin C dan antioksidannya, yang membantu hati dalam detoksifikasi dan pembersihan sistem pencernaan racun berbahaya seperti karsinogen. Oleh karena itu, segelas jus anggur tiap hari bagus untuk tubuh!

5. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan catechin yang berasal dari tanaman, karena itu berguna bagi hati untuk menjalankan fungsi pembersihannya. Selain itu, teh hijau bermanfaat lain termasuk penurunan berat badan.

6. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau adalah agen pembersih alami hati yang kuat. Kandungan klorofilnya menyerap segala racun dari tubuh dan alami membersihkan sistem, sehingga membantu hati. Sayuran hijau dapat menetralisir pestisida dan bahan kimia berbahaya lain dan efektif menambah fungsi hati. Selain itu, yang terbaik sayuran itu dimakan mentah dan beberapa cara  : dimasak, dijus, direbus, atau dikukus.

7. Minyak zaitun
Minyak zaitun dan minyak organik lain : Rami dan biji rami secara efektif menyerap racun berbahaya sebelum dapat mempengaruhi tubuh. Dengan demikian, beban pada hati pun berkurang dan hati dapat berfungsi lancar. Tapi minyak tersebut tak boleh digunakan dengan berlebihan.

8. Jeruk limun (lemon)
Seperti anggur, lemon dan limau juga mengandung vit-C yang membantu proses pembersihan hati. Air jeruk nipis terutama membantu dalam merangsang hati untuk berfungsi dengan lancar dan lebih efektif. Sehingga, lemon termasuk makanan yang membersihkan hati Anda.

9. Kunyit
Kunyit membantu hati menghilangkan unsur beracun berbahaya dari sistem pencernaan. Pastikan bahwa Anda menambahkan rempah-rempah ini dalam hidangan sehari-hari.

10. Kenari
Kenari tergolong makanan yang dapat membersihkan hati. Kenari membantu menghilangkan racun ammonia. Kenari mengandung arginin dalam jumlah tinggi dan asam amino. Juga mengandung omega-3 asam lemak dan glutathione, yang membantu hati agar dapat berfungsi secara efisien.

Masih banyak lagi yang lain. Tapi, coba masukkan dulu 10 makanan di atas dalam hidangan makan Anda sehari-hari. (Suhirto M; http://www.tribunnews.com/kesehatan/2014/04/30/takut-kena-penyakit-liver-ini-10-makanan-pembersih-organ-hati)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close