Kesehatan

Stres perlu dikendalikan

Mengapa Anda stres hari ini? Mengendalikan Stres di kehidupan modern meningkat di sepanjang waktu membuat tiap orang perlu keterampilan manajemen stres. Melepas tanggung jawab dan lari dari masalah membuat stres makin dalam. Belajar mengidentifikasi masalah dan membuat solusi itu kunci sukses mengurangi stres.

 

Di bawah ini langkah2 yang perlu anda lakukan dalam mengurangi stres: Langkah pertama adalah segera putuskan  untuk membuat manajemen, tujuannya memantau tingkat stres Anda. Memantau stres berarti anda harus bisa mengetahui akar masalah stres yang anda alami.

 

Setelah Andapantau tingkat stres Anda, lanjut mengidentifikasi pemicu stres. Pada situasi apa Anda stres yang dalam? Beberapa penyebab stres mudah diidentifikasi, seperti tekanan pekerjaan, kesulitan keuangan. Juga kesibukan se-hari2, seperti komuter, mengatur penitipan anak atau pekerjaan berlebihan, juga berkontribusi untuk tingkat stres Anda.

 

Peristiwa yang terjadi pada anda seperti peristiwa yang anda harapkan, mempersiapkan pernikahan, kelahiran anak, memulai pekerjaan baru, mulai usaha baru, anda bisa memiliki tingkat stres tinggi. Sedang peristiwa yang tidak anda harapkan akan lebih memicu tingkat stres yang tinggi. Pastikan untuk mengevaluasi setiap perubahan dalam hidup  anda.

 

Setelah Anda identifikasi pemicu stres, Anda dapat berpikir strategi menghadapinya. Mengidentifikasi aspek situasi dapat Anda kontrol adalah titik awal yang baik. Contoh, jika Anda memiliki waktu yang sulit tidur karena Anda stres, solusinya mungkin semudah mematikan TV ketika berita malam terlalu menyedihkan.

 

Lain kali, tuntutan yang tinggi di tempat kerja atau ketika orang yang dicintai sakit, Anda mungkin dapat mengubah cara Anda bereaksi pada situasi. Dan jangan merasa seperti Anda harus cari tahu semua pada Anda sendiri. Cari bantuan dan dukungan dari keluarga dan teman2. Anda mungkin ingin tanya kepada mereka apa teknik mengendalikan stres telah bekerja dengan baik bagi mereka.

 

Agama yang anda anut tentu memberi solusi yang baik. Kedekatan diri dengan Tuhan memberi kekuatan pada anda mengendalikan stres yang anda miliki. Percayalah bahwa semua akan berlalu. Semua peristiwa yang anda hadapi dan jalani merupakan bagian dari perjalanan yang akan membuat anda lebih kuat dan dewasa dalam menjalani kehidupan.

 

Ikhlas merupakan teknik pengendalian yang baik. Ikhlas berarti menghadapi tiap kejadian sepenuh hati dan tanpa beban. Ikhlas berarti menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi dengan sepenuh hati. Ikhlas berarti menerima setiap hasil akhir dari setiap usaha yang kita jalani.

 

Untuk membantu agar anda lebih tenang, teknik pernafasan seperti meditasi, yoga, dan reiki bisa dijadikan bagian dari program manajemen stres Anda. Dan ingat selalu mempertahankan pola  hidup sehat untuk membantu mengelola stres – (asupan makanan sehat, berolahraga teratur dan cukup tidur). Memiliki pola hidup sehat akan membantu Anda mengelola periode stres yang tinggi.

 

Stres tidak akan hilang dari kehidupan Anda. Dan manajemen stres bukan obat semalam. Tapi dengan latihan yang sedang berlangsung dan penggabungan ketahanan ke dalam gaya hidup, Anda dapat belajar mengelola tingkat stres Anda dan meningkatkan kemampuan Anda mengatasi tantangan hidup.

 

Di bawah ini ada beberapa reaksi umum yang tidak sehat terhadap stres. Mungkin ini menggambarkan reaksi anda. Periksa dan lihat kembali bagaimana anda bereaksi terhadap stres. Jika anda tidak yakin pantau terus selama seminggu atau lebih.

 

Sakit.

Secara tidak sadar mengepalkan tangan, otot2 jadi tegang, terutama di leher dan bahu. Hal ini bisa membuat sakit fisik yang tidak dapat dijelaskan. Ketegangan ini bisa menyebabkan sistem imun terganggu atau jadi lemah, yang akhirnya bisa menyebabkan macam2 penyakit seperti sakit perut, sesak napas, nyeri punggung, sakit kepala, dan insomnia.

 

Makan berlebihan. Stres dapat memicu Anda untuk makan bahkan ketika Anda sedang tidak lapar, Sebaliknya, Anda mungkin makan lebih sedikit, sehingga menyebabkan berat badan anda turun ketika anda tidak bisa mengatasi stres.

 

Marah.

Stres dapat membuat anda berpikir pendek.  Ketika Anda berada di bawah tekanan, Anda mungkin mudah adu mulut dengan rekan kerja, teman2 atau orang yang dicintai – kadang2 dengan sedikit provokasi atau tentang hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan situasi stres Anda.
Menangis.

Stres dapat memicu menangis sesenggukan, kadang-kadang tampaknya tanpa peringatan. Hal-hal kecil yang tidak terkait dengan stres Anda mungkin membuat Anda menangis.  Anda juga mungkin merasa kesepian atau terisolasi.

 

Depresi. Stres kadang2 cukup banyak menyita waktu anda. Anda mungkin menghindari masalah tersebut, mengaku sakit untuk bekerja, merasa putus asa atau hanya menyerah.    Stres kronis dapat menjadi faktor dalam pengembangan gangguan depresi atau kecemasan.

 

Negatif

“Bila Anda tidak mengatasi dengan baik dengan stres, Anda mungkin secara otomatis mengharapkan yang terburuk atau memperbesar aspek negatif dari situasi yang tidak diinginkan.

 

Merokok.

Jika Anda berhenti merokok lama, rokok mungkin tampak seperti cara mudah untuk bersantai saat Anda berada di bawah tekanan. Bahkan, stres adalah penyebab utama anda kambuh merokok. Anda juga mungkin menemukan diri Anda beralih ke alkohol atau obat-obatan untuk mematikan efek stres. (http://polahidupsehat.net/mengendalikan-stres/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close