Kesehatan

Kekurangan Vitamin D

Merdeka.com – Tak mengonsumsi vit-D dengan cukup bisa mengakibatkan masalah kesehatan di usia tua. Penelitian menunjukkan, manula yang kurang vitamin D bermasalah fungsi fisiknya seperti sulit berjalan di sekitar rumah dibanding orang yang mengonsumsi cukup vitamin D.

“Manula yang tingkat vit-D rendah bermasalah fungsi tubuhnya; susah bergerak. Mereka mengalami penurunan fungsi tubuh dengan bertambahnya usia,” ungkap ketua peneliti Evelien Sohl dari VU University Medical Center di Amsterdam, seperti dilansir oleh NBC News (17/07).

Peneliti mengungkap ± 90% manula kurang vit-D. Padahal vitamin D membantu menjaga kesehatan otot dan tulang serta mencegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari atau makanan seperti minyak ikan, jamur, telur, susu.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 762 orang berusia 65 sampai 88 tahun serta 597 orang berusia 55 sampai 65 tahun. Mereka diamati selama enam tahun dan ditanyai mengenai aktivitas serta tingkat vitamin D dalam darah.

Peneliti menemukan kelompok manula pertama, rendahnya tingkat vit-D menyebabkan peningkatan risiko masalah fisik 1,7x lipat. Kelompok yang lebih muda 2x lipat. Peneliti juga menemukan mulai muncul setelah 3 tahun pada kelompok tertua dan 6 tahun pada kelompok muda. [kun; http://www.merdeka.com/sehat/kurang-vitamin-d-turunkan-kemampuan-fisik-di-usia-tua.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close