Wisata dan Kuliner

Benteng2 Gagah Kini Jadi Destinasi Wisata(4/5)

(travel.tempo.co)-JAKARTA; Benteng Kalamata

Kalamata / Kalumata dikenal dengan Benteng Santa Lusia atau Benteng Kayu Merah. Dibangun dengan komposisi bebatuan sungai, batu karang, dan batu kapur, benteng Portugis ini tetap gagah meski melampaui milenial.

 

Dari tembok benteng ini, Pulau Tidore dan Maltara terlihat jelas. Didirikan 1540, oleh perwira Portugis, Fransisco Serao. Kalamata didirikan untuk mengahadapi serangan dari bangsa Spanyol dari Rum, Tidore.

 

Benteng ini pernah dikuasai Spanyol dan Belanda silih berganti. Namun pada akhirnya berhasil dikuasai oleh Belanda. Benteng yang gagah ini masih terawat rapi dan jadi titik pertemuan warga. Pemandangan laut dari benteng ini tak membosankan:

 

Langit biru, laut yang tenang, pulau bergunung, dengan kapal kayu hilir mudik. Mungkin seperti itulah ratusan tahun lalu ketika rempah-rempah mengundang orang-orang Eropa ke Maluku.

 

Reporter / Editor : Ludhy Cahyana; Editor: Bahan dari : https://travel.tempo.co/read/1237953/benteng-benteng-gagah-yang-kini-jadi-destinasi-wisata)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close