Kesehatan

Meningkatkan Stamina Tubuh Dengan Cara Ini

(beritasatu.com)-JAKARTA; Stamina diperlukan untuk kita saat beraktivitas se-hari2. Saat stamina berkurang, semangat beraktivitas juga menurun, akhirnya jadi terasa melelahkan. Namun bagaimana cara menjaga stamina tubuh?

 

1-Berolah Raga

Ber-OR terasa lelah, namun OR rutin akan memberikan stamina tubuh dalam jangka panjang. Olahraga yang bisa dilakukan yakni OR kardio seperti jogging, bersepeda, dan lompat tali selama 30 menit. OR dengan intensitas tinggi (High-intensity interval training) dalam waktu singkat 2-3 kali setiap minggu. Selain itu, OR angkat beban sebanyak 1-5 kali setiap hari.

 

2-Menaambah Intensitas Olahraga di waktu istirahat

Batasi jeda istirahat saat OR selama 30-90 detik dapat membangun ketahanan otot dan stamina. Tingkatkan intensitas pemanasan dan OR agar tubuh terbiasa menggunakan energi. Olahraga di waktu ini Anda bisa pilih olahraga apa pun seperti berlari, bersepeda, berenang atau push-up. Anda bisa lakukan rutin setidaknya 3-5 kali setiap minggu.

 

3-Meditasi dan Yoga

Tidak hanya membuat tubuh rileks, meditasi dan yoga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ketahanan tubuh serta mengurangi stres dan lelah.

 

4-Minum Kafein

Kafein dapat memengaruhi performa fisik dengan meningkatkan fungsi peredaran darah, sistem hormon, aktivitas otot, suhu tubuh hingga pembakaran lemak.

 

Namun batasi asupan harian Anda. Batas aman asupan kafein 400 miligram per hari atau setara dengan empat cangkir kopi. Hindari sumber kafein tinggi gula seperti soda, kopi dengan krim dan minuman berenergi.

 

Stamina tinggi membuat Anda fokus dan berenergi saat beraktivitas sehari-hari. (Winda Ayu Larasati; WIN; Bahan dari : Hello Sehat dan https://www.beritasatu.com/kesehatan/569901/tingkatkan-stamina-tubuh-dengan-4-cara-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close