Aku cinta Indonesia

Rengganis Rumah Singgah Gratis Bagi Pasien RSHS Bandung

(news.detik.com)-BANDUNG; Rumah Singgah Humanis (Rengganis) resmi melayani warga Jabar. Tempat tinggal sementara ini khusus untuk warga Jabar yang berobat jalan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Inisiatif dibangunnya Rengganis ini karena ada keluhan dari warga pelosok Jabar yang berobat jalan di RSHS Bandung. Mereka kebingungan ketika harus tinggal sementara sewaktu menunggu berobat lanjutan pada hari berikutnya.

 

Alasannya, jarak tempuh dari rumah ke RSHS Bandung butuh waktu lama dan biaya tak sedikit, sehingga mereka harus memaksakan diri menetap sementara di Bandung untuk melanjutkan pengobatan ketimbang pulang dulu.

 

“Biasanya kesusahan, tak punya uang untuk nginap di hotel, atau menggelandang tidak baik bagi pasien. Kami hadirkan solusi datang ke tempat ini gratis, nanti menginap di sini sesuai keperluannya untuk hari esoknya datang lagi ke RSHS berobat. Baru kembali ke daerahnya,” ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil seusai peresmian Rengganis di Jalan Wastukencana No 73, Kota Bandung (20/8/2019).

 

Rengganis memanfaatkan aset Pemprov Jabar berupa bangunan sejarah (heritage) yang dipercantik agar nyaman ditinggali. Sejumlah fasilitas, seperti 28 kasur, ruang bermain anak, dan dapur hingga ruang tamu tersedia di Rengganis.

“Yang datang ke sini juga nanti ada layanan psikososial. Kalau dia butuh curhat karena stres, karena galau apa, selain menginapnya juga ada tim kemanusiaan yang hadir,” ucapnya.

 

Warga yang ingin mengakses layanan di Rengganis mudah. Mereka tinggal menunjukkan keterangan dari RSHS Bandung yang menjelaskan pasien diharuskan kembali berobat.

“Hanya minta surat rujukan saja untuk membuktikan bahwa pasien itu perlu datang lagi, tidak bisa di satu hari kan. Setelah surat rujukan dari RSHS, barulah kita proses,” tutur dia.

 

Pengoperasian Rengganis ini didukung berbagai pihak. Ini menunjukkan keberhasilan implementasi kolaborasi pentahelix. “Bahwa untuk mencapai salah satu tujuan pembangunan tidak harus 100 persen pemerintah lagi, pemerintah lagi, siapa saja bisa, ini membuktikan kita semua berkolaborasi,” ujar RK.

Berdasarkan pantauan detikcom, Rengganis didesain nyaman untuk ditinggali. Total ada 20 ruangan di bangunan heritage tersebut. Lokasinya strategis karena tak jauh dari RSHS Bandung.

 

(Mud/tro; Mukhlis Dinillah; Bahan dari : https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4673709/rengganis-rumah-singgah-gratis-bagi-pasien-rs-hasan-sadikin-bandung)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close