YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Bandung Selatan Senam Rutin Reboan 02-10-19

Catatan Kecil Senam Rutin Reboan Grup Senam BLA P2Tel Bandung Selatan di Lapangan Tegalega Bandung. Kegiatan yang diawali dimulai pukul 06.00 WIB pada tanggal 2 Oktober 2019 itu adalah Senam

Ling Tien Kung (LTK)  dipandu oleh Pak Susanto Harjono s/d pkl.07.00 WIB.

 

Bisa jadi peserta senam LTK ini relatif tidak banyak yaitu yang tampak 8 orang, mungkin karena para Anggota Senam BLA Bandung Selatan, belum banyak yang tahu manfaat yang bisa dihasilkan dari senam ini. Selain itu dimulainya terlalu pagi.

 

Setelah senam LTK berlanjut dengan senam yang di pandu Pak Agus. Rupanya mulai pukul 06.45 pesertanya mulai berdatangan. Berdasarkan daftar hadir jumlah peserta ada 66 orang pensiunan beserta keluarga (punya NIK), dan yang dari umum ada 8 orang.

 

 

 

Dimulai dengan berdo’a terlebih dahulu, sebagaimana biasa diawali dengan senam peregangan, dilanjutkan dengan senam refleksi (tepuk2 jari) dll. Selesai senam refleksi¬† dilanjutkan dengan senam gerakan persendian dan senam Diabetes Melitus (DM). Masih dipandu pak Agus, berlanjut dengan senam pernapasan dan senam TELKOM kemudian senam diakhiri dengan senam pendinginan.

 

Peserta senam sangat bersemangat dan kelihatannya sangat ceria hal ini dapat kita lihat ketika ditutup dengan saling pijit memijit, saling pukul2 kecil bahu dan saling mengusap punggung. Diakhiri dengan bersalaman dengan pengurus juga pengurus menyediakan minum dan snak alakadarnya. (Bahan dan Foto kiriman H. Djuhana)-FR

 

*** Bonus tentang Senam Peregangan otot

Apa sih manfaat dari Senam PereganganOtot?, Ikuti dan kenaali senam tersebut dari sumber ini :

(lifestyle.kompas.com)- Setelah melakukan latihan (apapun) kita disarankan melakukan peregangan. Sebab, saat itulah otot-otot Anda menjadi panas dan lebih fleksibel. Latihan ini terkesan tidak begitu penting, sehingga Anda cenderung melewatkannya.

 

Padahal, di situlah peran peregangan. Latihan ini meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda, membantu Anda mencegah cidera, rasa sakit, atau nyeri. Kunci saat latihan peregangan adalah:

 

1-Bernafas dengan nyaman, karena otot-otot yang Anda regangkan butuh oksigen.

2-Tahan peregangan selama sedikitnya 20 detik.

3-Lakukan sesering mungkin, karena fleksibilitas membutuhkan konsistensi.

 

Berikut adalah latihan peregangan yang bisa Anda lakukan:

1-Dada, kaki, paha Berdiri dengan kali selebar pinggul. Lipat kaki kaki ke belakang hingga menyentuh paha belakang, lalu pegang kaki kiri dengan tangan kiri. Sementara lutut menunjuk ke arah lantai, rentangkan lengan kanan Anda lurus ke atas. Tahan selama 20 detik, lalu ganti ke kaki kanan.

 

2-Hamstring/peregangan bokong Bungkukkan badan sedikit, dan tumpukan berat badan Anda ke kaki kiri. Luruskan kaki kanan ke depan, dengan tumit menempel di lantai sementara ujung jari mengarah ke atas. Letakkan kedua tangan di paha, lalu tegakkan kembali posisi punggung Anda. Tahan selama 20 detik. Ganti kaki yang satunya.

 

3-Betis, pundak, dan hamstring Turunkan tubuh Anda, lalu rentangkan kaki kiri ke depan dengan tumit menempel di lantai (ujung jari menunjuk ke atas). Regangkan lengan kiri menyilang di depan dada, lalu pegang siku tangan kiri dengan tangan kanan Anda. Tahan 20 detik, lalu ganti kaki dan tangan satunya.

 

4-Pinggul (A) Peregangan di area otot-otot hip flexor memungkinkan Anda untuk menggerakkan paha ke arah perut. Ada dua jenis latihan hip flexor yang bisa Anda lakukan. Berdiri dengan kaki selebar pundak, lalu rentangkan kaki kiri ke belakang dengan telapak menapak lantai (tidak jinjit). Tekuk kaki kanan ke depan Anda, sehingga kaki membentuk sudut 90 derajat.

 

5-Pinggul (B) Berdiri dengan kaki selebar pundak, lalu rentangkan kaki kiri ke belakang dengan telapak kaki jinjit. Tekuk kaki kiri tersebut sehingga tubuh merendah. Jaga agar punggung tetap lurus, dan tarik bokong ke arah dalam. Tahan selama 20 detik, lalu ulangi lagi dengan mengganti kaki.

 

6-Punggung bawah (A) Berdiri dengan kaki lebih lebar daripada pinggul, dengan lutut sedikit menekuk. Letakkan kedua tangan pada paha. Tahan selama 20 detik, lalu tegakkan tubuh Anda kembali.

 

7-Punggung bawah (B) Masih dengan posisi seperti di atas, lentingkan punggung sehingga membentuk busur. Kunci, atau tarik perut Anda ke arah tulang belakang, dan rasakan regangan di sepanjang punggung Anda. Tahan selama 20 detik, lalu tegakkan kembali punggung Anda ke posisi semula.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “7 Jenis Latihan Peregangan”,

Editor : Dini; Sumber : https://lifestyle.kompas.com/read/2010/07/09/16303968/7.jenis.latihan.peregangan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close