RSS Feed     Twitter     Facebook

P2Tel Cabang Banjarmasin Bersenam Jantung Sehat (27-10-19)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 45 views    Font size:

Klub Jantung Sehat (KJS) P2Tel cabang Banjarmasin, sebagaimana biasa dan rutin seminggu sekali menyelenggarakan senam KJS pada hari Minggu tgl.27 Okt 2019 jam 06.30 di halaman GSG Telkom jl.Nagasari. Banjarmasin

 

Mereka bersemangat dan terus optimis melaksanakannya, selain untuk bersilaturahmi antar peserta, bersantai sejenak melupakan rutinitas juga dengan modal kuat untuk menggapai “Sehat Tanpa Obat”.

Ada baiknya kita ketahui bersama tentang Menjaga Kesehatan Jantung cuplikan dari sumber dibawah ini

 

(ilovelife.co.id)- Penyakit jantung salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia. Jadi penting menjaga kesehatan ini agar terhindar dari berbagai penyakit yang berisiko fatal. Penyakit silent killer sering tidak disadari penderitanya.

 

Menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan 8 langkah sederhana, untuk menjaga kesehatan jantung, seperti sajian berikut ini :

 

1-Segera berhenti merokok

Ketergantungan pada rokok berpeluang lebih besar terserang penyakit jantung.Tak hanya perokok aktif, orang disekitar yang terpapar asap rokok juga bisa terdampak. Sebab zat dalam rokok berbahaya bagi jantung dan bisa berdampak fatal kepada kinerjanya. Zat beracun dari rokok menggangu asupan oksigen serta nutrisi yang bisa menyebabkan gagal jantung.

 

2-Konsumsi Serat itu wajib

Mengonsumsi serat rutin itu solusi membakar kolestrol jahat yang bisa menimbulkan risiko penyakit jantung. Serat bisa Anda peroleh lewat gandum, kacang, buah-buahan, sayuran, hingga sereal. Idealnya serat bagi tubuh 30 gram per hari. Asupan serat harus diimbangi konsumsi air putih yang cukup sehingga tidak memiliki efek samping yang negatif ke tubuh.

 

3-Olah Raga rutin jadi keharusan

Salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan untuk menjaga kesehatan secara umum, dan jantung secara khusus adalah olahraga. Seperti yang dilakukan olleh Klub KJS Banjarnmasin ini. Selain itu lengkapi agar tiap hari Anda menggerakkan tubuh 30 menit agar badan tetap fit.

 

4-Banyak konsumsi ikan

Ikan pada umumnya menjadi salah satu protein yang kaya akan asam lemak omega-3, khususnya Ikan tuna dan salmon bisa menjadi pilihan terbaik. Selain lezat, mengonsumsi ikan jenis ini dua kali seminggu akan mencukupi kebutuhan tubuh.

 

5-Menghindari godaan lemak jenuh

Lemak jenuh, zat yang berperan besar dalam kolesterol yang dapat menggangu kesehatan jantung. Maka mengurangi konsumsi lemak jenuh menjadi wajib jika Anda ingin memiliki jantung sehat. Zat ini biasanya ditemui pada gorengan, susu kaya lemak, hingga makanan olahan.

 

6-Waspadai tekanan darah tinggi (hipertensi)

Hipertensi berpotensi bikin pembuluh darah pecah. Jika terjadi pada organ vital seperti jantung, berpotensi menyebabkan dampak mematikan. Pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan menjadi cara yang paling efektif untuk mempertahankan tekanan darah Anda.

 

7-Perhatikan kadar gula darah

Kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan diabetes dan dapat menimbulkan penyakit jantung.  Karena kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah terganggu dan rusak. Karenanya, periksakan kadar gula darah secara rutin.

 

8-Pentingnya istirahat cukup

Walau telah menjaga kesehatan lewat pola hidup sehat dan asupan makanan, namun percuma kalau Anda tidak beristirahat cukup. Idealnya setiap orang harus tidur 7-8 jam per hari agar tubuh dapat beristirahat dan menekan risiko penyakit darah tinggi, diabetes dan serangan jantung.

 

Jadi, ingin terhindar dari risiko jantung dan penyakit kritis lain? Mari, jalani delapan langkah sederhana di atas. (Kiriman Murniansyah, Banjarmasin; Bahan dari : https://ilovelife.co.id/blog/tips-menjaga-kesehatan-jantung/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code