Kesehatan

5 Manfaat Memakai Kaus Kaki Saat Tidur Untuk Kesehatan

 (m.liputan6.com)-JAKARTA; Fungsi utama memakai kaus kaki, untuk melindungi kaki dari gesekan saat bersepatu. Tak hanya itu, ada manfaat lain berkaus kaki untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaat memakai kaus kaki untuk kesehatan bisa didapat ketika dikenakaan saat tidur. Memakai kaus kaki saat tidur untuk menjaga kaki tetap hangat di malam hari agar memberi perbedaan terhadap pola tidur kamu.

 

Tidak hanya membuat hangat, ada manfaat berkaus kaki saat tidur lainnya yang bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh. Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber lima manfaat memakai kaus kaki saat tidur untuk kesehatan, Jumat (15/11/2019).

 

1-Bikin cepat tidur dan nyenyak

Berkaus kaki saat tidur terbukti mampu membuat tidur lebih cepat. Hal ini dikarenakan kaki menjadi lebih hangat.

 

Penyebab kaki lebih hangat berkaus kaki saat tidur karena pembuluh darah di sekitar kaki jadi lebih besar atau biasa disebut vasodilatasi. Hal ini membuat peredaran darah menjadi lancar.

 

Kondisi ini dapat memberi tahu otak bahwa kini waktunya tidur. Setelah pembuluh darah di kaki terbuka akibat suhu hangat, panas akan didistribusiakan ke seluruh tubuh untuk persiapan tidur. Menjaga kaki tetap hangat itu mengurangi rasa gelisah di malam hari, sehingga dapat membuat kamu mudah terlelap.

 

2-Bikin kaki rileks

Layaknya berendam di air hangat agar cepat beristirahat dan rileks, begitu juga berkaus kaki saat tidur. Memakai kaus kaki saat tidur bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat kamu cepat tidur.

 

Memakai kaus kaki saat tidur juga bisa meningkatkan sirkulasi. Kondisi kaki yang dingin dapat menguras energi tubuh dan menghambat aliran darah dalam tubuh. Ketika aliran darah dan energi tersirkulasi dengan baik akibat suhu kaki yang hangat, maka kondisi tubuh jauh lebih sehat dan tak mudah sakit.

 

3-Mencegah kaki kering

Rasa dingin dapat menghambat aliran energi dan panas. Dingin menyebabkan stagnasi yang dapat menyebabkan rasa sakit.

 

Berbeda ketika rasa hangat yang memberikan aliran panas dapat disalurkan ke seluruh tubuh dan dapat membuat lebih mudah tidur nyenyak. Untuk itu, kita bisa pakai metode berkaus kaki saat tidur agar telapak kaki kamu tetap lembap dan mencegahnya kering.

 

4-Mencegah penyakit Raynaud

Memakai kaus kaki saat tidur juga mencegah munculnya gejala penyakit Raynaud. Penyakit Raynaud itu kelaianan peredaran darah, di mana arteri mengencang karena merespon stres atau suhu dingin.

 

Tangan dan kaki kerap mati rasa dan berubah warna menjadi putih kekungingan atau biru. Umumnya, orang dengan penyakit ini selalu berhati-hati untuk menjaga agar tangan dan kaki tetap hangat.

 

Mandi air hangat atau melektakkan botol air panas di bawah kaki juga bisa menciptakan efek sama. Hal terpenting adalah tidak mengenakan kaus kaki ketat, karena bisa mengurangi sirkulasi darah.

 

5-Mencegah wajah memerah

Wajah memerah biasanya pada wanita yang menopause. Hal ini terjadi akibat fluktasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang memengaruhi suhu tubuh.

 

Gejala kondisi ini seperti sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Untuk mengatasi kondisi ini, kita bisa berkaus kaki selama tidur untuk menstabilkan suhu tubuh, termasuk mencegah wajah memerah ini.

 

(Nisa Mutia Sari; Bahan dari : https://m.liputan6.com/hot/read/4111862/5-manfaat-memakai-kaus-kaki-saat-tidur-untuk-kesehatan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close