RSS Feed     Twitter     Facebook

Kejujuran Sumber Kemakmuran Negara

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:

(kompasiana.com)-Denmark, Negara di Eropa Barat, berbentuk Kerajaan yang dipimpin Ratu Margrethe II sejak 1972, dengan PM Helle Thorning Schmidt Sejak tahun 2011, dikenal sebagai negara paling nyaman untuk tempat tinggal bagi manusia di dunia.

 

Dengan pendapatan penduduk paling tinggi didunia, paling makmur didunia dan juga paling bersih didunia sehingga mendapat gelar “Negeri Dongeng”.

 

Hal ini menarik untuk dikaji mengapa Negara Denmark jadi paling makmur didunia. Dugaan awal adalah bahwa hal itu disebabkan oleh tingkat pendidikan yang baik, namun dugaan itu keliru, karena orang Denmark justru percaya penyebab dari negaranya jadi termakmur, ternyaman dan teraman adalah karena masyarakatnya jujur.

 

Orang Denmark percaya kejujuran bisa melahirkan segalanya, tiap manusia itu pintar, dengan kejujuran maka setiap kepintaran manusia bermanfaat bagi sesama dan seluruh negeri. Mereka yakin jika setiap aparat pemerintah jujur dan rakyatnya jujur, maka Negara jadi makmur tanpa perlu menjadi yang paling pintar di bidang pendidikan.

 

Hal ini terbukti benar, karena Denmark masuk dalam salah satu Negara dengan tingkat korupsi nyaris nol, seperti juga di Finlandia dan New Zealand. Karena kejujuran itu pula akhirnya pendidikan di Negara ini jadi lebih baik dan maju. Jadi tidak salah jika dikatakan ketidak jujuran (mental korup), melahirkan bencana berantai dalam Negara.

 

Orang Denmark yakin, kejujuran itu awal dari semua kebaikan dan bukannya kepintaran. Kejujuran dan Etika Moral itu Prioritas utama, sedang kepintaran dikembangkan kemudian, karena yakin tiap anak terlahir pintar. Disekolah mereka tidak terlalu pusing jika seorang anak belum bisa calistung saat masuk SD atau setelah sekolah SD, tapi kami peduli jika seorang anak tidak jujur dan beretika buruk.

 

Kiranya, pantas kalau para pendidik di negeri kita terinspirasi oleh pendidikan di negeri Denmark ini dan memberikan kurikulum yang berisi Karakter, Perilaku dan Kejujuran sebagai landasan untuk membangun Indonesia yang kuat dan makmur.

 

(Bahan  dari :  FB/Adzanta Bilhaq dan https://www.kompasiana.com/axtea99/54f5dd47a33311404f8b4742/kejujuran-sumber-kemakmuran-sebuah-negara)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code