Selingan

Pria Tertua Di Jerman Meninggal Di Usia 114

 (news.detik.com)-BERLIN; Gustav Gerneth wafat hari Senin malam di kediamannya di kota Havelberg, negara bagian Sachsen-Anhalt, surat kabar lokal Magdeburger Volksstimme mengabarkan hari Selasa.

 

Hanya seminggu sebelumnya, Gustav baru merayakan HUT nya bersama kerabat dan keluarganya. Walikota Havelberg, Bernd Poloski ikut serta dalam perayaan HUT Gustav. Gustav merayakan hari ulang tahun dengan kue favoritnya, Frankfurter Kranz. Kue spons dengan dengan taburan ceri di atasnya.

 

Dia lahir pada tanggal 15/10/1905, di kota Stettin yang dulu di bawah kekuasaan Prusia, dan kini jadi kota Szczecin di Polandia. Dalam hidupnya, Gustav berhasil selamat dari dua perang dunia dan pernah menjadi tahanan perang Rusia.

 

Gustav  hadir di Olimpiade Musim Panas 1936 yang berlangsung di Berlin, yang saat itu berada di bawah kekuasaan Adolf Hitler. Dia hadir dengan tiga anak dan istrinya. Ia berkarir sebagai ahli mekanik di pabrik gas di Havelberg hingga pabrik itu tutup di tahun 1972. Gustav pensiun di tahun yang sama.

 

Saat ditanya apa rahasia hidup panjang umur saat berulang tahun ke 100, Gustav mengatakan “jangan terlalu banyak duduk, kamu akan menjadi kaku!”

 

Gustav dikira sebagai pria tertua di dunia, setelah Masazo Nonaka dari Jepang meninggal pada Januari pada umur 113 tahun. Sedangkan gelar perempuan tertua di dunia masih dipegang Kane Tanaka dari Jepang dengan umur 116 tahun.

 

(pn/vlz; nvc/nvc;  Bahan dari : Deutsche Welle (DW) dan https://news.detik.com/dw/d-4760458/pria-tertua-di-jerman-meninggal-di-usia-114-tahun)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close