Selingan

Cerita 3 Presiden AS Dimakzulkan Dan Kasus Yang Menjeratnya(3/3)

(merdeka.com)- 3-Pemakzulan Donald Trump

Presiden AS ke-45, Donald Trump dimakzulkan DPR dalam sidang yang berlangsung Rabu (18/12) malam waktu AS.

 

DPR mendasari keputusannya, 2 dakwaan dalam pemungutan suara, yakni penyalahgunaan kekuasaan dan menghalangi Kongres dalam proses penyelidikan.

 

Hasil pemungutan suara, hampir semua anggota Demokrat setuju dengan 2 dakwaan itu dan semua anggota Republik menentang. Pemungutan suara untuk pasal pertama pemakzulan yaitu penyalahgunaan kekuasaan, 230 anggota DPR setuju dan 197 menolak. Untuk dakwaan menghalangi Kongres, 229 anggota DPR setuju dan 198 menolak.

 

Sebelumnya, DPR memutuskan pemakzulan setelah melalui proses penyelidikan dan pembahasan selama 85 hari. Pengumuman pemakzulan disiarkan langsung pada Rabu (18/12) malam. Ketua DPR AS, Nancy Pelosi menyampaikan pihaknya tak punya pilihan lain kecuali memakzulkan Trump karena  tindakannya yang ceroboh.

 

Pemakzulan ini berawal dari penyelidikan pemakzulan, yang berpusat pada percakapan telepon Trump dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pada bulan Juli-2018. Dalam obrolan itu, Trump meminta Zelensky menyelidiki Joe Biden, bakal capres Demokrat dan anaknya Hunter Biden, yang bekerja di perusahaan migas Ukraina, Burisma.

 

Penyelidikan ini untuk membuktikan apakah Trump menggunakan ancaman pemotongan bantuan militer AS untuk menekan Ukraina menyelidiki Biden. Trump membantah semua tuduhan itu dan menyebut penyelidikan itu sebagai ‘perburuan para penyihir’.

 

Anggota DPR dari Demokrat, Joe Kennedy yang juga keponakan mantan Presiden John F Kennedy, dalam pidatonya menjelaskan kenapa dia memilih untuk memakzulkan Trump. Pidato ditujukan untuk anak-anaknya.

 

“Ellie dan James sayang: Ini adalah momentum yang akan kalian baca dalam buku sejarah kalian,” ujarnya. Dalam pidatonya dia juga menyebut Trump memanfaatkan kekuasannya sebagai senjata menyerang rakyatnya.

 

(dan; Fellyanda Susi Agiesta; Bahan dari : https://www.merdeka.com/dunia/cerita-lengkap-3-presiden-as-dimakzulkan-beserta-kasus-yang-menjeratnya.html)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close