Kesehatan

Empat Penyebab Gangguan Tidur

 (1health.id)-Tiap orang butuh waktu tidur cukup. Tidur adalah aktivitas penting bagi tubuh. Sebab saat tidur, tubuh akan memperbaiki diri setelah seharian beraktivitas. Untuk itu penting bagi Anda untuk berusaha tidur dengan waktu yang cukup.

 

Sayangnya, banyak faktor lingkungan bahkan kebiasaan yang dapat menganggu waktu tidur. Sebaiknya  Anda menghindari segala hal yang jadi sumber gangguan tidur Anda. Sehingga, Anda akan mendapat waktu tidur cukup dan berkualitas. Berikut ini penyebab yang dapat menimbulkan gangguan tidur.

 

Paparan cahaya

Paparan cahaya malam hari, termasuk sinar dari alat elektronik/gawai dapat menyebabkan gangguan tidur. Saat mata terpapar cahaya malam hari, maka otak mengira itu sinyal untuk bangun. Cahaya juga dapat mengurangi produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang dikeluarkan tubuh untuk membuat Anda merasa mengantuk. Maka sebaiknya Anda menjauhi gadget saat hendak tidur.

 

Suhu ruangan panas

Udara yang terlalu panas juga menyebabkan gangguan tidur. Menggunakan kipas angin atau penyejuk ruangan di dalam kamar tidur adalah sebuah ide yang baik, untuk mencegah terjadinya gangguan tidur. Suhu udara yang sejuk akan membuat Anda merasa nyaman sehingga lebih mudah untuk tertidur.

 

Kecemasan

Kecemasan juga dapat membuat Anda tidak dapat merasakan tidur yang berkualitas. Cemas yang dirasakan hingga menjelang tidur dapat membuat Anda terbangun di malam hari, dan seketika langsung memikirkan solusi dari hal yang menyebabkan kecemasan tersebut.

 

Aktivitas berpikir tersebutlah yang dapat menganggu jam tidur Anda. Segera selesaikan masalah Anda sebelum tidur. Bila tidak memungkinkan, cobalah lakukan relaksasi, seperti meminum cokelat atau teh hangat, dengarkan musik, hingga menghirup aromaterapi.

 

Olah raga di malam hari

Siapa sangka olahraga pada malam hari juga dapat menyebabkan gangguan tidur. Berolahraga tiga jam sebelum tidur akan merangsang metabolisme tubuh secara berlebihan dan meningkatkan denyut jantung. Hal tersebut dapat membuat Anda gelisah dan terbangun di malam hari.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/kenali-4-penyebab-gangguan-tidur.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close