Islam

Nasihat Maulana Jalaludin Rumi Agar Hidup Makin Baik

(hipwee.com)-Berikut tujuh Nasehat beliau Jalaluddin Rumi :

1-Dalam hal kedermawanaan dan membantu orang lain

Jadilah seperti sungai yang terus mengalir tiada henti tanpa mengharap kembali. Bukankah satu kebaikan yang kita tanamkan akan jadi pohon kebaikan.

 

Dari sebuah pohon kebaikan itu akan muncul buah kebaikan yang tak terhitung jumlahnya. Artinya satu kebaikan yang kita lakukan, Tuhan akan balas dengan kebaikan yang berlipat ganda apalagi jika kebaikan yang terus dilakukan.

 

2-Dalam Kasih Sayang dan Berkah Jadilah Seperti Matahari

Maknanya adalah hidup ini hanya persinggahan jangan tinggalkan kebencian tetapi tanamkan cinta sebanyaknya untuk orang-orang disekitar kita. Berikan kehangatan kepada siapa saja tanpa diskriminasi. Bukankah setiap manusia tidak suka akan kebencian.

 

3-Dalam Menutupi Aib Orang, Jadilah Seperti Malam.

Malam yang gelap membuat manusia tak bisa melihat apapun, ini menjadi perumpamaan bahwa sebagai manusia harus menutupi aib saudaranya.

 

4-Dalam Keadaan Marah dan Murka Jadilah Seperti Orang Mati

Ketahuilah, marah itu seperti bara api dalam hati manusia yang bisa membinasakan diri sendiri. Hal ini terlihat dari merahnya kedua mata dan tegangnya urat darah di leher orang yang dikuasai kemarahan.

 

5-Dalam Hal Kesederhanaan dan Kerendahhatian jadilah Seperti Bumi

Bumi selalu menempatkan dirinya dibawah meski kadang ia lebih baik dari langit. Sebagai manusia biasa yang penuh kekurangan maka tidak ada hal yang dapat kita sombongkan termasuk ilmu yang kita miliki.

 

6-Dalam Hal Toleransi Jadilah Seperti Laut. Hidup dengan keberagam menuntut kita harus bisa saling menghargai satu sama lain. Jadilah seperti laut yang bersifat lapang dan siap menampung setiap pandangan berbeda.

 

7-Tampilah Seperti diri sejatimu, atau Jadilah Seperti Tampilanmu

Hiduplah dengan penuh kejujuran dengan menampilkan jati diri apa adanya. Kejujuran itu kunci bagi seseorang jika ingin dipercaya. Tiap rejeki yang dihasilkan dari kejujuran pasti jadi energi positif yang menghadirkan kebahagian dan kedamaian jiwa. Karena hidup jujur itu menyehatkan, pikiran dan emosi akan selalu berada dalam zona yang positif.

 

(Kiriman H. Djuhana; BahanĀ  dari : Andrialius Feraera; https://www.hipwee.com/list/7-nasihat-maulana-jalaludin-rumi-agar-hidup-menjadi-lebih-baik/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close