Iptek dan Lingk. Hidup

Mencegah Longsor Dengan Menanam Vetiver

(inews.id)-JAKARTA; Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo mengusulkan menanam tumbuhan Vetiver kepada Presiden.

 

Doni menyampaikan hal itu saat menemani Presiden Jokowi di lokasi bencana banjir dan longsor di Kecamatan Sukajaya, Bogor, Jawa Barat (Jabar) dari udara, Minggu (5/1/2020).

 

Apa Vetiver itu?

Vetiver atau akar wangi (chrysopogon zizanioides) itu tumbuhan yang berasal dari India. Tumbuhan sejenis rumput ini masuk dalam keluarga Poaceae. Vetiver dapat tumbuh mencapai 1,5 mt. Karakteristik dari tumbuhan ini memiliki batang yang tinggi dan panjang serta tipis.

 

Tumbuhan ini memiliki bunga warna ungu-kecoklatan. Akar tumbuhan ini, dapat menembus hingga kedalaman 1,8 mt. Berbekal akar yang dalam itu, membuat tumbuhan ini terlihat kokoh sehingga tidak mudah tercabut. Dengan kondisi ini, membuat tumbuhan itu sering difungsikan menstabilkan rel KA.

 

Bahkan, tumbuhan ini dapat mencegah tanah longsor. Keunggulan lainnya, tumbuhan ini juga dapat memblokade air permukaan dan memperlambat aliran air.

 

Keunggulan terakhir, tumbuhan ini toleran terhadap kekeringan dan dapat membantu melindungi tanah dari erosi. Sebelumnya, Doni menuturkan, Vetiver menjadi pilihan terbaik untuk ditanam di lahan bekas HGU yang telah digunduli, tanpa reboisasi. Akar wangi atau vetiver juga bisa mencegah longsor.

 

“Bioteknologi vetiver sudah diuji coba dan mendapat pengakuan World Bank bahkan PBB. Di banyak tempat dan negara, tanaman ini sudah dikenal luas sebagai tanaman pencegah longsor,” tuturnya

 

(Felidy Utama; Editor : Djibril Muhammad; Bahan dari : https://www.inews.id/news/nasional/mengenal-vetiver-tanaman-yang-diusulkan-kepala-bnpb-dapat-mencegah-longsor)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close