Wisata dan Kuliner

5 Keunikan Situ Gunung Suspension Bridge Terpanjang Di Indonesia

 

(idntimes.com)-Pernah ke Sukabumi? Kalau sudah, pasti tahu dong atau pernah dengar di kota ini sekarang memiliki objek wisata jembatan gantung. Orang Sukabumi menyebut jembatan “Situ Gunung Suspension Bridge”.

 

Jika berminat mampir ke sini pastikan lebih dulu Anda tidak memiliki riwayat phobia pada ketinggian. Karena jembatan ini digadang-gadang jadi jembatan gantung terpanjang dan tertinggi di Indonesia. Di objek wisata “Situ Gunung Suspension Bridge”, ada fakta unik seputar jembatan gantung :

 

1-Jembatan gantung terpanjang di Indonesia

Merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Suspension Bridge panjangnya 243 mt dan lebar 1,8 mt yang melintang di atas ketinggian jurang 161 mt di atas permukaan tanah. Sementara jembatan gantung terpanjang dan terbesar di Asia ada di China, di atas Sungai Longjiang di Provinsi Yunnan. Panjang jembatan itu 2,4 Km dengan ketinggian 280 meter dari atas permukaan Sungai Longjiang.

 

Sebelum rekor itu dikalahkan Pearl Bridge di Jepang yaitu jembatan gantung terpanjang di dunia dan  otomatis jadi terpanjang di Asia, yakni 3,9 Km. Untuk jembatan gantung tertinggi di dunia berada di Millau Viaduct, Perancis dengan ketinggian 343 mt dari permukaan tanah.

 

2-Hanya boleh dilewati 40 Pengunjung sekali penyeberangan

Meski perkiraan dari kontsruksi jembatan gantung Situ Gunung dapat menampung beban 55 ton atau 150 orang. Dan diperkirakan hanya bisa menampung 60 orang yang dapat naik di waktu bersamaan. Kenyataannya jembatan gantung ini boleh dilintasi 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang.

 

3-Jembatan menggunakan bahan dasar kayu Ulin

Menurut informasi jembatan gantung ini menggunakan bahan dasar berbahan kayu ulin yang dikirim dari Provinsi Papua. Ulin atau disebut kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan.

 

Spesifikasi kayu besi ini tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya berat dan keras. Ulin tumbuh dengan keistimewaan yang tidak dimiliki kayu-kayu lain. Kayunya yang mampu melebar dengan diameter besar, tapi juga cukup tinggi, serta memiliki sifat yang sangat keras dan juga tidak mudah dimakan rayap.

 

Atas dasar keistimewaan pada pohon ini maka tak heran jika kayu jenis ini diburu banyak orang untuk dimanfaatkan dan dijadikan penunjang atau bahan pokok berbagai hal, termasuk kontruksi bangunan.

 

4-Konstruksi Jembatan pakai 5 Sling sekaligus

Sling adalah alat bantu angkat khususnya barang besar dan berat di berbagai industri dan pembangunan konstruksi. Menurut info yang beredar, jembatan gantung ini pakai 5 sling sekaligus, jika pada umumnya jembatan gantung hanya menggunakan 3 sling saja.

 

Untuk pengaman Jembatan Gantung Situ Gunung (Situ Gunung Suspension Bridge), telah dipasangi jaring kawat  dengan ukuran 4 mm dengan tinggi 120 meter, sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap keamanan pengunjungnya.

 

5-Menghabiskan dana lebih dari 4 Miliar

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian LHK. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak Mei 2017 tercatat dana yang keluar lebih dari Rp 4 milyar.

 

Pembangunan jembatan ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Apalagi adanya lokasi destinasi lain dalam satu kawasan ini yakni Curug Sawer dan Situ Gunung.

 

Mungkin itulah beberapa fakta tentang Situ Gunung Suspension Bridge, semoga bisa bermanfaat dan menambah ketertarikan sobat semua untuk bisa berkunjung dan menjaga potensi wisata yang satu ini.

 

(Bahan dari : https://www.idntimes.com/travel/destination/ilham-m-r/5-fakta-unik-situ-gunung-suspension-bridge-terpanjang-di-indonesia-c1c2/full)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close