Selingan

Barang Hilang Di Jepang Hampir Pasti Kembali Kecuali Payung

(lifestyle.okezone.com)- ADA tempat yang Anda bisa bertemu lagi dengan barang hilang, yakni Jepang. Dengan populasi dalam kota yang mendekati 14 juta orang, jutaan barang hilang di Tokyo tiap tahunnya. Tetapi sejumlah besar barang itu kembali ke pemiliknya.

 

Tahun 2018, lebih dari 545.000 kartu identitas dikembalikan kepada pemiliknya oleh Polisi Metropolitan Tokyo 73% dari jumlah total kartu yang hilang. Ada pula 130.000 ponsel (83%) dan 240.000 dompet (65%) yang ditemukan. Barang hilang ittu sering dikembalikan pada hari yang sama.

 

“Ketika saya tinggal di San Francisco, saya ingat sebuah berita tentang seseorang di Chinatown yang kehilangan dompet. Orang lain menemukan dan menyerahkannya kepada polisi,” kata Kazuko Behrens, seorang psikolog dari SUNY Polytechnic Institute, New York,

 

Ada satu hal unik. Jika barang itu berupa payung, barang tersebut jarang kembali ke pemiliknya. Jika payung yang hilang, kemungkinan sangat kecil untuk kembali ke pemiliknya. Dari 338.000 payung yang diserahkan ke bagian ‘Barang Hilang’ di Tokyo pada tahun 2018, hanya 1% yang kembali ke pemiliknya.

 

Sebagian besar, sekitar 81%, diklaim oleh pencari, yang merupakan suatu hal yang unik. Banyaknya jumlah payung yang dipakai warga Jepang mendorong fenomena ini.

 

Mengetahui banyak orang lupa untuk mengklaim payung mereka, Satoshi, mantan penduduk Suginami-ku, Tokyo, mengatakan ia “menipu” kantor Barang Hilang untuk memberinya payung jika dia kehujanan.

 

Satoshi menggambarkan jenis payung paling umum, yaitu payung plastik bening yang dijual di setiap toko seharga 500 yen (Rp 62 ribu). Karena ada begitu banyak payung tergeletak di konter Barang Hilang, Satoshi selalu mendapatkan payung gratis.

 

Maka, mungkin kejujuran tidak selalu dikedepankan. Faktanya, Jepang memiliki sejarah yang rumit dengan kejujuran, kata Behrens. Demikian sebagaimana dikutip BBC Indonesia.

 

(dno;  Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/01/23/196/2157271/barang-hilang-di-jepang-hampir-pasti-kembali-kecuali-payung-kenapa?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close