Selingan

Fakta Masjid Al Aqsa Yang Disebut Trump Masjid Al Aqua

(travel.detik.com)-WASHINGTON DC; Presiden AS Donald Trump ‘keseleo lidah’. Dalam pidatonya, dia salah sebut Masjid Al Aqsa jadi Masjid Al Aqua. Berikut fakta tentang Masjid Al Aqsa.

Masjid Al Aqsa ini situs penting bagi umat Islam di Yerusalem. Masjid ini berdiri di kompleks peribatadan tersuci bagi 3 agama di dunia: Yahudi, Islam dan Kristen. Dihimpun detikTravel, (29/1/2020), berikut beberapa fakta tentang Masjid Al Aqsa:

 

1-Kiblat Umat Muslim Pertama

Masjid Al-Aqsa ini kiblat pertama bagi umat Muslim generasi awal, hingga 17 bulan setelah hijrah. Lalu kiblat berpindah ke Kakbah di Masjidil Haram. Menurut kepercayaan Yahudi, tempat yang kini jadi Masjid Al-Aqsa dipercaya sebagai tempat berdirinya Bait Suci pada masa lalu.

Masjid Al-Aqsa juga ada kaitan erat dengan para nabi dan tokoh Bani Israel yang juga disucikan dan dihormati dalam ketiga agama.

 

2-Masjid ke-2 di Dunia

Masjid Al-Aqsa merupakan masjid kedua yang dibangun di dunia. Dalam hadis Abu Dzar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan muslim berkata:

“Aku bertanya, Wahai Rasul, Masjid mana yang pertama kali dibangun?” Beliau jawab “Masjidil Haram”. Aku tanya lagi “Lalu (Masjid) mana ?” Beliau jawab, “Kemudian Masjidil Aqsa”. Aku tanya lagi “Berapa jarak (pembangunan) antar keduanya ?” Beliau jawab “40 tahun” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

 

5-Arsitektur Masjid yang indah

Masjid Al-Aqsa berdesain arsitektur indah memadukan unsur tradisional dan sedikit sentuhan modern. Masjid ini memiliki 7 lorong yang ditunjang tiang-tiang melengkung bergaya hypostyle nave.

Masjid Al Aqsa dihiasi 121 jendela kaca patri dari era Abbasiyah dan Fatimiyah yang berdiri kokoh hingga kini. Sebagian besar ruangan Majid Al-Aqsa didominasi marmer berwarna putih dengan balutan karpet merah yang terlihat anggun.

Kubah masjid dulu terbuat dari batu yang dibangun oleh Abdul Malik bin Marwan. Namun kini diganti oleh Azh-Zahir dengan desain terbaru yaitu kayu yang disepuh dengan lapisan enamel timah. Interior kubah dicat mengikuti dekorasi khas era abad ke-14.

 

4-Tempat persinggahan Isra Mi’raj

Peristiwa Isra Mi’raj yang disebutkan dalam Al-qur’an Surat Al-Isra ayat pertama, itu muzijat dari Allah dan peristiwa terbesar dalam sejarah manusia, ketika Rasul dipertemukan dengan Sang Pencipta.

Rasulullah didampingi Malaikat Jibril mengendarai Buraq, berangkat dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Di kawasan Al-Aqsa inilah, Buraq itu melintas melalui sebelah dinding barat Masjid Al-Aqsa. Untuk kemudian menuju Sidratul Muntaha, berjumpa dengan Allah SWT.

 

5-Masjid yang diberkahi

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat yang dilebihkan keberkahannya oleh Allah SWT, Karena kawasan Masjid Al-Aqsa merupakan tempat diutusnya Nabi.

Allah berikan kesuburan tanahnya, sehingga menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan, serta barang tambang yang terkandung di dalamnya. Diberkahi pula mata pencahariannya, makanan pokok, dan hasil pertaniannya. Termasuk banyak tanaman, sungai dan kesuburan yang tiada putus.

 

(wsw; krs; Wahyu Setyo Widoodo; Bahan dari : https://travel.detik.com/international-destination/d-4878253/fakta-fakta-masjid-al-aqsa-yang-disebut-trump-masjid-al-aqua)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close