Aku cinta Indonesia

Infrastruktur Raksasa Yang Beroperasi-2019(2/3)

(finance.detik.com)- 2-LRT Jakarta

Pada 21 November 2019, proyek moda transportasi lintas rel terpadu (LRT) Jakarta juga telah beroperasi secara komersial. Setelah sebelumnya dilakukan uji coba selama satu tahun dan digratiskan, sejak 1 Desember 2019 lalu moda transportasi ini mulai ditarifkan Rp 5.000.

Kini LRT Jakarta telah melayani enam stasiun, yakni Stasiun Velodrome, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Pegangsaan Dua.

 

Adapun waktu operasionalnya dimulai pukul 05:30 WIB hingga 23.00 WIB setiap harinya. Kereta akan datang setiap 10 menit sekali.

 

3-Jembatan Holtekamp

Selanjutnya Jembatan Holtekamp. Jembatan yang berlokasi di Jayapura, Papua ini juga menjadi proyek kebanggaan Jokowi yang telah diresmikan 28/10/2019. Setelah kedua bentang panjang jembatan terpasang di atas Teluk Youtefa, pembangunan jembatan dan jalan pendekatnya juga hampir rampung.

Jembatan Holtekamp mulai dibangun pada tanggal 9 Mei 2015 lalu. Peletakan batu pertama jembatan dengan panjang 733 meter tersebut dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi saat itu.

Jembatan Holtekamp merupakan jembatan lengkung box dengan bentang terpanjang dan terlebar di Indonesia.

 

Panjang bentang utama 400 meter ditambah jembatan pendekat 332 meter yang terdiri 33 meter pendekat dari arah Hamadi dan 299 meter dari arah Holtekamp, sehingga total panjang jembatan keseluruhan 732 meter, sedangkan lebar jembatan 21 meter yang terdiri 4 lajur 2 arah dilengkapi median jalan.

Jembatan ini dapat memangkas jarak tempuh hingga 17 kilometer antara Hamadi dan Holtekamp. Hal ini berpengaruh pada waktu tempuh dari Kota Jayapura ke Muara Tami yang akan menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw yang sebelumnya membutuhkan waktu 2,5 jam, kini bisa menjadi 60 menit.

 

Selain menjadi sarana perhubungan yang memberikan keuntungan logistik, jembatan ini juga ramai dijadikan obyek wisata oleh warga sekitar.

 

 

(Anisa Indraini; Bahan dari : https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4835138/daftar-infrastruktur-raksasa-yang-beroperasi-tahun-ini)-FatchurR * Bersambung……….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close