Selingan

10 Kuil Hindu Terindah Di Muka Bumi(2/3)

(liputan6.com)- 3-Khajuraho

Salah satu desa yang banyak terdapat kuil Hindu dan Jain dengan patung erotis. Desa ini sudah lama menjadi tujuan wisata paling populer di India.

 

Kuil-kuil ini dibangun selama rentang waktu 200 tahun, yakni sejak 950 hingga tahun 1150. Beberapa kuil didedikasikan untuk Dewa Jain dan sisanya untuk Dewa Hindu, yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.

4-Kuil Brihadeeswarar

Kuil ini terletak di Thanjavur, India, dan dibangun oleh Raja Chola, yakni Rajaraja I pada abad ke-11. Kuil ini merupakan kuil pertama di dunia yang keseluruhannya dibangun dari batu granit.

 

Brihadishwara adalah contoh brilian dari gaya arsitektur kuil Dravida. Menara kuil ini memiliki tinggi 66 meter sehingga menjadi salah satu kuil tertinggi di dunia.

6-Banteay Srei

Meski secara resmi merupakan bagian dari kompleks Angkor Wat, Banteay Srei justru terletak 25 km di timur laut dari kelompok utama kuil Angkor Wat.

 

Kuil Hindu ini selesai pada tahun 967 dan dibangun sebagian besar dari batu pasir merah, media yang cocok untuk ukiran dinding dekoratif rumit yang masih jelas terlihat saat ini.

 

Banteay Srei adalah satu-satunya kuil utama di Angkor yang tidak dibangun untuk raja, melainkan dibangun oleh salah satu penasihat raja RaJendravarman, yaitu Yajnyavahara.

 

(Sulung Tahitani;  Bahan dari : https://www.liputan6.com/citizen6/read/2193847/10-kuil-hindu-paling-indah-di-muka-bumi)-FatchurR * Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close