YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Bandung Selatan Senam KJS 11-03-20 Dan Tentang Taichi

Kegiatan Senam KJS BLA Tegallega P2Tel Bandung Selatan dilaksanakan pada hari Rabu 11/3/2020 dimulai pukul 07.00 walau dalam suasana mendung agak gelap dan gerimis (sebentar) namun peserta banyak yang hadir dengan berseemangat

 

Diawali registrasi, di bantu pak Iyos yang menyiapkan daftarnya dan  berlanju petugas KBS bu Atjih Widyaningsih dan Pak Syarif melakukan pengukuran kesehatan (tensi, lingkar pinggang tinggi dan berat badan). Berikutnya berdoa dipimpin pak Alan.

Hari Rabu kedua di bulan Ganjil ini seragam senamnya Kaos Warna Hijauseragam yang pernah dipakai saat Yakes menyelenggarakan Wisata Sehat

Yang memandu senam : Bu Hj. Lily meliputi Senam Refleksi, Senam Persendian, Senam Pemanasan, Senam Taichi dan  ditutup dengan Senam Maumere.

Jumlah peserta 69  orang (28 pensiunan, 31 orang keluarga dan 10 orang umum). Pada Rabu kedua ini petugas KBS menyelesaikan 53 orang peserta senam yg telah diukur kesehatannya.  Terakhir peserta melakukan tradisi saling memijit pundak, mengusap punggung dan pinggul dan memukul-mukul pelan punggung, yang diikuti dengan ceria. Kegiatan ini dipandu oleh Pak Agus.

Selesai Senam ditutup dengan berdo’a dan disampaikan informasi2 oleh Bpk. Muchlas KPC Nandung Selatan a.l Rencana Seminar Bisnis Berkah Hidup Tenang Keluarga Senang yang konon akan diselenggarakan tanggal.15 Maret 2020 di Hotel Luxton Bandung.

Dilanjutkan dengan pembagian snack. Setelah selesai seluruh acara senam, bagi yang akan ikut Senam Wisata Nasional di Surabaya berkumpul sejenak untuk membahas rencana dan jadwal perjalanan.

 

Sebelumnya disebutkan Klub ini bersenam Tai Chi. Agar  pembaca lebih mengenal Senam tersebut dari suatu sumber berikut dengan judul Benarkah Olahraga Tai Chi Bisa Redakan Nyeri? (Oleh Bobby Agung Prasetyo; Klikdokter.com)

Meski terkesan lambat, tai chi banyak bermanfaat, salah satunya meredakan nyeri. Monggo.

Tai Chi salah satu seni olah pernapasan dan senam aliran halus asal dari Tiongkok. OR ini diciptakan pendeta Tao bernama Thio Sam Hong (abad 12), dan dikembangkan muridnya turun-temurun hingga konsepnya jadi seperti yang kita lihat sekarang.

Diketahui, Tai chi memiliki sejumlah gaya yang berbeda seperti ;

– gaya Chen,

– gaya Yang,

– gaya Sun, hingga

– gaya Yu.

Gaya Yang terpopuler karena telah diterapkan sebagai standar pengajaran Tai Chi ke seluruh dunia.

Rangkaian gerakannya disebut sebagai “Beijing 24 step” atau senam Tai Chi gaya 24 langkah.

OR ini memiliki fase pergerakan tidak responsif, dan lebih tenang. Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, beberapa orang suka Tai Chi karena karakteristik dan manfaat yang beragam. “Tujuan Tai Chi mengurangi nyeri, meningkatkan mobilitas, dan menguatkan otot tubuh. Anda bisa luangkan waktu 20-40 menit tiap harinya untuk melakukan Tai Chi,” kata dr. Nadia.

 

Keberadaan Tai Chi kini jadi sorotan. Pasalnya, OR ini mampu menyembuhkan penyakit yang berkaitan persendian seperti fibromyalgia, nyeri pada tulang dan otot pada satu titik yang nantinya bisa menjalar ke bagian lain. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

 

Tai chi, pereda sakit yang ampuh

Berdasar studi yang dipublikasikan di BMJ (British Medical Journal, hasil penelitian menggembirakan yang mampu jadi solusi mengurangi efek sakit dari fibromyalgia. Jawabannya  melakukan OR Tai Chi.

 

Sekumpulan peneliti menjelaskan aktivitas Tai Chi sanggup melibatkan dua hal, yakni latihan fisik dan psikis. Meski penelitian skala kecil ini menunjukkan Tai Chi membantu mengurangi gejala fibromyalgia, namun tidak ada uji coba secara valid yang membandingkan efek Tai Chi dengan pengobatan lain.

 

Penelitian lain dipimpin Dr. Chenchen Wang, Direktur Pusat Pengobatan dan Integratif di Tufts Medical Center, dengan mempelajari 226 orang berpenyakit fibromyalgia selama setahun. Selama 3-6 bulan, mereka dilibatkan dengan sejumlah kegiatan fisik yang berbeda, salah satunya olahraga Tai Chi.

 

Wang dan tim peneliti lain menemukan beberapa dari responden mengeluhkan hal yang sama. Menariknya, semua peserta dalam kelompok Tai Chi mengalami peningkatan kondisi yang lebih baik. Bagi yang lama melakukan Tai Chi, mereka menunjukkan peningkatan lebih baik daripada mereka yang baru melakukan Tai Chi.

 

“Hasil penelitian menunjukkan dokter harus berpikir jenis OR yang terbaik untuk pengidap fibromyalgia. Kami temukan faktor faktor bahwa tai chi lebih menyenangkan, ada hubungan sosial, dan dapat dilakukan sendiri, maupun bersama keluarga hingga kerabat sekitar,” kata Wang.

 

Wang menjelaskan Tai Chi berguna bagi orang dengan kelelahan kronis. Dengan beraktivitas ini, keterampilan dalam diri manusia akan bertambah, seperti meditasi dan relaksasi dalam gerakan yang berbeda. Banyak yang nyeri kronis juga tidak dapat ber-OR, sehingga Tai Chi jadi solusi alternatif, termasuk untuk nyeri sendi.

 

“Bagi yang menyukai OR santai dan tidak terlalu berat, mungkin bisa mencoba Tai Chi,” ujar dr. Nadia.  Tai Chi terbukti jadi solusi kesehatan bagi yang memiliki masalah nyeri sendi dan masalah gerakan tubuh lain. Lakukan OR ini rutin dan tetap berkonsultasi ke dokter spesialis seputar kondisi tubuh.

(Kiriman dari Hj. Lily dan H. Djuhana; P2Tel Bandung Selatan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close