Aku cinta Indonesia

Ditandatangani Keppres Penetapan Covid 19 Sebagai Bencana Nasional

(beritasatu.com)-JAKARTA; Presiden Jokowi menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) No 12/2020 Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Sebagai Bencana Nasional.

 

Keppres yang diteken Jokowi Senin (13/4/20), menyatakan bencana nonalam yang disebabkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), telah berdampak meningkatnya jumlah korban dan kerugian harta benda yang luas cakupan wilayah yang kena bencana serta menimbulkan implikasi pada aspek sosial ekonomi yang luas di Indonesia.

 

Hal itu diputuskan berdasarkan WHO yang telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemi global tanggal 11/3/2020. “Sehingga, pemerintah perlu menetapkan Keppres tentang penetapan bencana alam penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional” demikian isi salinan Keppres itu yang dikutip Beritasatu.com, Senin (13/4/2020).

 

Di dalam Keppres ini tertuliskan penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan penyebaran Virus Disease (Covid-19), dilaksanakan oleh gugus tugas percepatan penanganan Coronavirus disease (Covid-19).

 

Hal itu sesuai Keppres no. 7/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sebagaimana diubah dengan Keppres n. 9/2020 tentang perubahan atas Keppres   no. 7/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah.

 

Masih didalam Keppres tersebut, para kepala daerah diminta memperhatikan kebijakan pemerintah pusat sebelum menetapkan kebijakan.

 

Gubernur, bupati, wali kota sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19) di daerah, dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing harus memperhatikan kebijakan pemerintah pusat.

 

(Lenny Tritia Tambun; JAS;  Beritasatu.com dan Bahan dari : https://www.beritasatu.com/nasional/620199/jokowi-tandatangani-keppres-penetapan-covid19-sebagai-bencana-nasional)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close