Aku cinta Indonesia

Diminta 10000 UMKM Diberi Izin Usaha Gratis

(beritasatu.com)- Presiden Jokowi  minta bupati dan wali Kota memberi target ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di daerahnya agar dapat memberi izin usaha kepada 10.000 pelaku UMKM gratis.

 

“Kalau perlu saya minta bupati, wali kota, berikan target kepada PTSP. Tahun ini, (izin usaha) harus diberikan ke 10.000 pengusaha kecil, gratis,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Investasi Tahun 2020 yang digelar (BKPM di The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Jakarta Selatan, (20/2/2020).

 

Ia meminta bupati dan wali kota mendorong PTSP agar aktif terjun ke bawah dan mendatangi para pelaku UMKM yang belum mendapatkan izin, sehingga mereka bisa mengantongi izin usaha dengan mudah dan gratis.

 

Upaya seperti itu, pernah ia lakukan  sewaktu menjabat wali kota Solo. “Yang aktif dari Kantor PTSP, lebih baik begitu. Yang kecil-kecil dilayani, didatangi. Saya dulu waktu jadi wali kota di Solo, saya beri target tahun ini 1.000, tahun depan sekian ribu. Didatangi, ada warung, kasih nih izin. Ada bengkel kecil, beri izin. Jangan nunggu, datangi. Ini melayani seperti itu, ke yang kecil-kecil,” jelas Jokowi.

 

Jika seluruh pelaku UMKM memiliki izin usaha, maka akses mendapat suntikan modal dari perbankan akan lebih mudah. Karena kalau ingin melakukan pinjaman modal, pasti syarat yang utama adalah memiliki izin usaha.

 

“Kalau seluruh UMM punya izin, akses ke modal dan keuangan akan lebih mudah. Karena yang namanya ingin akses modal ke bank, pasti ditanya izin. Enggak punya (izin), enggak akan diberi (pinjaman modal). Bank itu memang harus prudent, begitu banking system,” ujar Jokowi.

 

(Lenny Tristia Tambun / HA;  Bahan dari : BeritaDatu.com; dan https://www.beritasatu.com/ekonomi/601293/presiden-minta-10000-umkm-diberi-izin-usaha-gratis)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close