Aku cinta Indonesia

Pembangunan Jalan Akses Perbatasan Entikong

Jakarta – Mesin dan alat berat sesekali terlihat di sepanjang ruas Jalan Balai Karangan hingga ke Entikong, Kalimantan Barat. Para pekerja pun tampak lalu-lalang hampir di sepanjang ruas jalan ini.

Pada beberapa titik juga tampak sisi kiri dan kanan jalan yang mengalami perlebaran. Ada yang masih berupa galian tanah, ada yang sudah meningkat dalam bentuk betor cor, bahkan ada yang terlihat sudah rapi beraspal sehingga ruas jalan tampak sangat lebar dibandingan ruas jalan rata-rata di titik lainnya.

 

Para pekerja ini memang tengah melakukan pekerjaan proyek pelebaran jalan Balai Karangan hingga ke Entikong yang panjangnya sekitar 42 kilometer (km).

Proyek ini, merupakan satu dari sekian banyak proyek pelebaran jalan akses menuju pintu masuk perbatasan atau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Pulau Kalimantan yang berbatasan darat dengan negara tetangga, Malaysia.

 

Hasil nyata dari pekerjaan yang dilakukan pun sudah mulai bisa dirasakan oleh masayarakat. Jalan tanah, becek bergrlombang yang sempat dirasakan detikFinance kala pertama kali melintas jalan ini pada akhir 2014 lalu, kali ini sudah jauh lebih nyaman kondisinya.

Selain permukaan jalan yang sudah mengeras dan lebih nyaman dilintasi, sejumlah titik yang pekerjaannya hampir rampung pun tampak pemandangan tidak unik yang jarang dijumpai pada jalan nasional non-tol.

Pada sisi kiri dan kanan jalan yang berbatasan dengan dinding tebing, tapak pekerjaan pengerasan dan pengaman dinding tebing untuk mencegah longsor.

Bukan hanya itu, pekerjaan yang dilakukan juga bahkan sampai tahap pembuatan saluran drainase sehingga air yang jatuh ke jalan mana kala hujan, tidak terbuang begitu saja ke permukaan tana di sisi kiri dan kanan jalan, namun masuk ke saluran tersebut.

 

Di tambah lebar jalan yang terdiri dari empat lajur lengkap dengan median jalan, membuat jalan akses perbatasan menuju PLBN Entikong ini mirip dengan jalan tol, meskipun pengendara tidak dipungut biaya ketika melintas di jalan ini. (dna/wdl; Dana Aditia Sari; https://m.detik.com/finance/berita-ekonomi-bisnis/d-3349999/penampakan-terkini-pembangunan-jalan-akses-perbatasan-entikong?utm_source=News)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close