Iptek dan Lingk. Hidup

Konsep Masjid Ramah Lingkungan

(republika.co.id)-JAKARTA; Direktur Pengendalian Pencemaran Air pada Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK, Luckmi Purwandari, mengatakan, pihaknya berencana melakukan sosialisasi atau bimbingan tentang menjaga lingkungan di rumah-rumah ibadah.

 

Masjid jadi tujuan utama untuk sosialisasi perihal penggunaan air karena penggunaannya thaharah atau bersuci.  “Sosialisasinya berupa imbauan untuk mengupayakan recycle dan reuse terhadap air limbahnya,” ujar dia.

 

Air limbah atau bekas wudhu kerap terbuang sia-sia. Padahal, air bekas wudhu tidak mengandung sabun atau minyak. Sisa air wudhu ini sebaiknya tidak dicampur dengan air limbah yang lain, misal bekas cucian, dan dikelola agar bisa digunakan kembali untuk fungsi yang lain atau untuk wudhu kembali.

 

Onlimo yang dilakukan di Istiqlal berupa pemantauan kualitas air di Sungai Ciliwung yang dilakukan dengan sistem daring. Pemantauan dilakukan secara otomatis dan kontinu. Setiap satu jam sekali, bisa terdata dan tercatat bagaimana kondisi air di kantor KLHK dan di Istiqlal.

 

“Kami (KLHK) ingin mengajak rumah ibadah lain untuk melakukan hal yang sama di Istiqlal. Saya setuju untuk rumah ibadah bisa mengurangi limbah dan melakukan revitalisasi,” lanjut Luckmi Purwandari.

 

Masjid lainnya yang mulai menjalankan konsep ecomasjid adalah Masjid Salman, (ITB). Manajer Bidang Pengkajian dan Penerbitan Yayasan Pembina Masjid Salman ITB Salim Rusli menyebut konsep Salman Green Mosque ini mulai digalakkan akhir 2016. Dalam pengerjaannya, Salman menyesuaikan dengan kerangka kerja dari KLHK.

 

“Ada empat hal yang perlu diperhatikan. Dari pengelolaan sampah, efisiensi material, efisiensi air, dan penghematan energi,”ujar dia.

 

Masjid Salman pun sudah menyediakan sampah terpisah antara organik dan non organik. Selain itu, jika ada momentum besar, seperti saat Ramadhan lalu, Masjid Salman menggalakkan program pemilahan sampah. Dibantu para relawan masjid.

 

(Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko; Bahan dari : https://republika.co.id/berita/puohjb313/mengenal-konsep-masjid-ramah-lingkungan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close