Iptek dan Lingk. Hidup

Penanggulangan Banjir ESSC Esri Indonesia Hadirkan Jakarta Flood Map

(beritasatu.com)-JAKARTA; Untuk membantu pemerintah menanggulangi dan merespons bencana banjir, Esri Indonesia meluncurkan portal : Jakarta Flood Map. Via Pusat Dukungan Darurat Geospasial atau Emergency Spatial Support Center (ESSC) yang digagas oleh Esri Indonesia, portal ini diciptakan.

 

CEO Esri Indonesia, A Istamar menyatakan, “Portal ini mencakup dasbor memantau pintu air (Jakarta Flood Gate Monitoring), tampilan area terdampak banjir dan level ketinggian banjir, dasbor untuk fasilitas publik terdampak banjir, peta narasi mengenai banjir Jakarta, serta mapping sebaran jumlah pengungsi korban banjir.”

 

Lebih jauh Istamar menjelaskan bahwa data-data yang digunakan pada Jakarta Flood Map merupakan data tercepat dan akurat karena bersumber langsung dari Pemprov DKI Jakarta, Dukcapil, BNPB, dan dinas terkait lainnya. Untuk Jakarta Flood Gate Monitoring, data diambil dari seluruh pintu air di Jakarta secara near real time, lengkap dengan status masing-masing pintu air.

 

Dasbor digunakan dengan baik oleh para relawan dan pemangku kepentingan di DKI Jakarta sehingga mempercepat pengambilan keputusan terkait bencana banjir yang melanda. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa portal ini mampu berfungsi secara optimal dan berguna dalam penyediaan informasi berbasis kecerdasan lokasi melalui teknologi geospasial.

 

Esri Indonesia sebagai perwakilan resmi dari Esri. Ini merupakan perusahaan pengembang Sistem Informasi Geografis (GIS) yang berkantor pusat di Redlands, California.

 

(Jaja Suteja/JAS; Bahan dari : Beritasatu.com dan https://www.beritasatu.com/megapolitan/595878/dukung-penanggulangan-banjir-essc-esri-indonesia-hadirkan-jakarta-flood-map)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close