Wisata dan Kuliner

Perayaan Imlek Di Indonesia Unik Dan Meria(2/3)

 

(news.detik.com)-JAKARTA; 3-Kelenteng di Ciamis Bernuansa Merah

Kelenteng Hok Tek Bio yang berlokasi di Jalan Ampera II, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat bersolek jelang perayaan Imlek. Klenteng ini dibersihkan hingga menciptakan suasana merah yang hanya satu-satunya di Ciamis, Banjar, Pangandaran.

 

Di Kelenteng Hok Tek Bio juga ada tradisi penggantian lampion yang biasa digantung di atap dan memasang lilin ukuran besar dari 1 meter hingga 2 meter.

 

Ratusan lampion tersebut telah dilengkapi doa dan harapan supaya menerangi kehidupan, kelancaran, dan kesuksesan di tahun mendatang.

 

4-Semarang Gelar Kirab dan Festival Kuliner

 

Pada perayaan Imlek tahun ini, Kota Semarang melaksanakan 2 kegiatan yaitu Kirab Kebangsaan Merah Putih dan Launching Festival Kuliner Depok.

 

Ada 66 tenda makanan dan 9 foodtruck yang akan menjajakan kuliner, Launcing Festival kuliner ini sekaligus menandai diresmikannya Jalan Depok menjadi pusat kuliner baru di Kota Semarang.

 

5-Sembahyang di Klenteng Po Hwa Kong

 

Di Lombok ada Klenteng Po Hwa Kong yang usianya cukup tua, didirikan pada 1840. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 180, Kelurahan Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Saat Imlek banyak warga yang sembahyang atau berdoa memohon berkat di Klenteng tua ini.

 

6-Mandi Bersama di Sumur Tujuh Lubang

 

Depok memiliki cara unik untuk merayakan Imlek, warga etnis Tionghoa beramai-ramai datang ke Vighara Gayatri.

 

Tak hanya beribadah, perayaan Imlek dirayakan dengan mandi bersama di sumur tujuh lubang, sumur ini dipercaya memiliki kekuatan mendatangkan rezeki, jodoh, bahkan bisa menyembuhkan penyakit.

 

(Tasya Awlia; Bahan dari : https://news.detik.com/berita/d-4872499/deretan-perayaan-imlek-di-indonesia-unik-dan-meriah)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close