Kesehatan

Siapa Lebih Rentan Kena Penyakit Kardiovaskular Ini Alasannya

(beritasatu.com)-JAKARTA;  Usia pembuluh darah termasuk arteri besar dan kecil pada wanita lebih cepat menua dari pada pria. Hal ini jadi salah satu alasan kaum hawa cenderung lebih berisiko terkena 4 tipe penyakit kardiovaskular. Demikian terungkap di studi jurnal JAMA Cardiology.

 

“Penelitian tak hanya mengonfirmasi perempuan secara biologis dan fisiologis berbeda dengan pria, juga alasan perempuan lebih rentan terkena 4 tipe penyakit kardiovaskular,” kata penulis studi dan direktur Public Health Research di the Smidt Heart Institute, Susan Cheng; dilansir Science Daily, (19/1/2020).

 

Untuk sampai temuan itu, Cheng dan tim pakai data berbasis komunitas yang dikumpulkan dari berbagai laman di seluruh negeri. Data itu mewakili hampir 145.000 pengukuran tekanan darah selama periode 43 tahun, dari 32.833 peserta studi usia 5-98 tahun.

 

Karena risiko seseorang terkena serangan jantung, gagal jantung, atau stroke biasanya dimulai dengan tekanan darah tinggi, peneliti mencari petunjuk dan pola mengenai bagaimana tensi mulai meningkat.

 

Pendekatan ini memungkinkan peneliti mengidentifikasi perkembangan dan evolusi fungsi vaskular wanita berbeda dari pada pria. Faktanya, wanita menunjukkan tanda peningkatan tensi jauh lebih awal dari pria.

 

“Ini berarti, jika kita mendefinisikan ambang hipertensi dengan cara yang sama persis, wanita usia 30 tahun dengan tekanan darah tinggi mungkin lebih berisiko mengalami penyakit kardiovaskular dari seorang pria dengan tekanan darah tinggi pada usia yang sama,” kata Susan Cheng.

 

Penelitian ini bisa membantu peneliti dan dokter berpikir secara berbeda dalam hal merawat dan mempelajari wanita dan kesehatan jantung mereka, menurut Christine Albert dari Departemen Kardiologi Smidt Heart Institute.

 

(WBP;  Bahan dari : ANTARA dan https://www.beritasatu.com/kesehatan/595990/perempuan-lebih-rentan-kena-penyakit-kardiovaskular-ini-alasannya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close