Iptek dan Lingk. Hidup

Memanaskan mesin mobil sebelum dikendarai-Perlukah?

(oto.detik.com)-Jakarta; Otolovers sering melakukan kebiasaan memanaskan mobil sebelum pergi beraktivitas? Biasanya, kegiatan itu dilakukan beberapa menit sebelum akhirnya mobil dijalankan. Bahkan ada yang juga menunggu hingga indikator suhu mesin berada di tengah antara ‘C’ dan ‘H’.

Ada yang mengatakan kegiatan memanaskan mobil itu baik untuk menyesuaikan suhu mesin agar siap dibawa jalan. Terlebih bagus untuk mereka yang tinggal di daerah bersuhu rendah. Nah sebenarnya kegiatan memanaskan mobil itu tidak perlu hingga jadi rutinitas se-hari2.

Apalagi untuk mobil2 zaman now yang didesain canggih sehingga bisa menyesuaikan sekalipun dibawa ke tempat bersuhu dingin seperti detikOto kutip dari Road and Track, (13/6/18). Mesin yang mengusung fuel-injection, ECU-nya dengan mudah bisa menyesuaikan sekalipun berada di suhu bawah 0 derajat.

Menyiapkan mesin untuk siap jalan tak lagi butuh waktu lama. Tak perlu menunggunya hingga panas lebih dulu. Seorang ahli daei Engineering Explained, Jason bahkan sempat mencari tahu apa yang terjadi dengan mesin saat suhu dingin.

Yang ditemukan oli mesin yang menyusut secara volume. Tapi dengan catatan mobil didiamkan untuk waktu lama. Kalau mobil digunakan untuk aktivitas sehari-hari tak perlu memanaskannya. Padahal kata Jason hal itu bisa membuat bensin merembes ke oli sehingga sifat pelumasi minyak rusak.

Ini justru berpotensi meningkatkan keausan pada mobil. Mengutip dari berbagai sumber di internet,  memanaskan mobil sebelum membawanya jalan bukanlah suatu keharusan dan tidak juga berpotensi membuat mesin mobil rusak. (Dry; Ddn; Dina Riyanti; Bahan dari :  https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-4067001/perlukah-memanaskan-mesin-mobil-sebelum-dikendarai-ini-faktanya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close