Psikologi

Dari pada Beli Baju Lebaran Ahli Sarankan THR Ditabung

(suara.com)-Dari pada Beli baju Lebaran, Ahli sarankan THR agar ditabung. Masa pandemi membuat orang berpikir 2x untuk membelanjakan  Tunjangan Hari Raya yang didapat. Bahkan menurut ahli, sebaiknya THR-2020 tak digunakan membeli baju lebaran. Kenapa?

 

Perencana keuangan Metta Anggriani menyarankan sebaiknya THR ditabung demi berjaga-jaga menanti akhir pandemi yang belum tahu kapan terjadi. Sebab, bulan Ramadan kali ini dijalankan di tengah pandemi Covid-19.

 

“Jika masih ada THR, lebih baik dialihkan ke tabungan untuk antisipasi ketidakpastian yang berlangsung,” kata Metta dalam bincang-bincang daring, (14/5/2020) dilansir Antara. Akibat pandemi, banyak pengeluaran Ramadan yang bisa ditekan karena mobilitas terbatas. Contohnya biaya buka puasa bersama di luar rumah, belanja, jajan saat ngabuburit, dan mudik.

 

Artinya, kebiasaan finansial selama Ramadan berubah 180 derajat karena pandemi. Ini memaksa seseorang untuk fokus pada kebutuhan pokok saja, yaitu kesehatan.

 

Porsi belanja Ramadan berkurang banyak, sehingga porsi menabung seharusnya bisa ditingkatkan.

Dengan menekan Belanja Lebaran dan sehari-hari, kebutuhan yang dulunya harus dipenuhi dari gaji dan THR bisa dibiayai hanya lewat gaji.

 

Jika THR harus dipakai, ia sarankan pangkaslah biaya belanja Lebaran agar ada sisa yang dapat ditabung. Dihubungi terpisah, perencana keuangan Shinta Ratnamurti mengatakan THR adalah bonus yang tidak tetap karena dikucurkan tidak setiap bulan.

 

Jika THR ingin dinikmati dan dibelanjakan, misalnya untuk berbagi rezeki kepada orangtua dan saudara, dia menyarankan untuk mengalokasikan maksimal 20 persen dari THR dan sisanya harus ditabung. Namun, ada orang-orang yang dari jauh hari sudah punya rencana membelanjakan bonus tersebut.

 

“Misalnya ada yang masukin sekolah anak dengan rencana bayar pakai THR, dengan kata lain, THR sudah ada plotnya,” kata Shinta kepada ANTARA. “Kalau THR sudah ada plotnya, mungkin belum bisa dinikmati karena ada utang yang harus dibayar.”

 

Bila itu yang terjadi, selesaikan utang-utang tersebut dengan THR yang didapat. Setelah semua urusan utang rampung, sebaiknya THR disimpan untuk dana darurat yang dipakai hanya untuk kebutuhan mendesak. []

 

(M Reza Sulaeman; Bahan dari :  ANTARA dan https://www.suara.com/lifestyle/2020/05/14/200500/daripada-beli-baju-lebaran-ahli-sarankan-thr-untuk-ditabung)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close