Selingan

Fakta Menarik Burj Khalifa

(idntimes.com)- Jika berbicara bangunan tertinggi di dunia, kira-kira apa yang muncul di Pikiran Anda? Kebanyakan orang mungkin teringat Menara Eiffel di Paris, dengan ketinggian 300 meter, Menara Eiffel memang tinggi. Tapi nyatanya landmark kota Paris itu bukan bangunan tertinggi di dunia.

 

Pemegang rekor bangunan tertinggi di dunia kini dipegang Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab yang  tingginya 828 meter. Burj Khalifa ternyata juga memiliki fakta lain yang enggak kalah menarik lho

 

1-Berat Burt Khaliffa melebihi 100.000 ekor gajah

Dengan tinggi 828 mt dan luas 334.000 m2 dan berat bangunan tertinggi ini sekitar setengah juta ton ketika gedung ini benar-benar kosong. Kalau dipenuhi orang dan keadaan normal, (orang datang dan tinggal di sana dengan semua barang yang ada), bangunan ini lebih berat dari 100.000 ekor gajah.

 

2-Anda bisa melihat matahari tenggelam 2x

Normalnya dalam sehari kita hanya bisa melihat matahari terbenam 1x. Tapi beda ceritanya kalau Anda menyaksikan fenomena di Burj Khalifa. Di sini Anda bisa lihat matahari terbenam 2x.

 

Anda bisa saksikan matahari tenggelam di lantai awal, saat matahari mulai menghilang tertutup awan. Kalau naik ke lantai yang tertinggi untuk menyaksikan matahari benar-benar tenggelam meninggalkan Dubai.

 

3-Butuh waktu 3 bulan untuk membersihkan seluruh jendela di Burj Khalifa

Burj Khalifa, total jendelanya 24.000 jendela. Karena banyak, pemerintah butuh 36 petugas kebersihan hanya untuk memastikan setiap jendela di bangunan ini tetap bersih. Membersihkannya butuh lama, yaitu 3 bulan untuk membersihkan 24.000 jendela itu

 

4-Bukan Hanya Matahari Tenggelam-Burj Khalifa Punya 3 Waktu Berbuka Puasa Berbeda

Di bulan Ramadan, bangunan ini punya 3 waktu puasa berbeda. Orang di lantai 1 sampai 59 akan memiliki waktu puasa sama dengan semua orang di Dubai. Orang di lantai 60 – 120 berbuka puasa 4 menit kemudian ketika matahari tenggelam. Di lantai 121 hingga lantai terakhir berbuka 2 menit setelah penghuni lantai 60- 120 berbuka.

 

5-Butuh lebih dari 12.000 orang untukmembangun Burt Khalifa

Burj Khalifa dibangun selama 6 tahun. Bangunan ini pertama kali dibangun (2004) dan selesai (2009). Namun baru diresmikan (2010). Nah untuk bisa membuat bangunan tinggi dan mewah ini, pemerintah UEA mempekerjakan lebih dari 12.000 orang selama 6 tahun.

 

6-Burt Khalifa bisa menampung hingga 35.000 orang sekaligus

Burj Khalifa memiliki 1.000 apartemen dari lantai 12 hingga 108. Selain itu, bangunan ini juga terdiri dari hotel, night club di lantai 143 dan juga perpustakaan tertinggi di dunia (di lantai 123). Meski banyak kepentingan, Anda tidak perlu khawatir sesak jika masuk ke sini. Walau jadi hunian bagi banyak orang, bangunan ini sangat luas hingga mampu menampung 35.000 orang sekaligus.

 

7-Asyiknya Anda juga bisa  lihat pemandangan di Burj Khalifa

Di Burj Khalifa, masyarakat umum dan turis asing bisa masuk. Selain makan di restoran, melihat koleksi di perpustakaan, atau menghabiskan malam di night club, Anda bisa menikmati pemandangan kota Dubai dari ketinggian. Di lantai 125 dan 148, ada Observatorium.

 

Dari Observatorium Anda bisa lihat pemandangan Dubai berupa gedung pencakar langit Dubai yang diselimuti awan. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini pagi hari ketika kabut tebal masih menyelimuti kota Dubai. Atau di sore hari ketika matahari terbenam dua kali dari Burj Khalifa. Cantik banget bukan?

 

(Lia;  Bahan dari : https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/lia-89/fakta-menarik-burj-khalifa-c1c2)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close