Opini dan sukses bisnis

10 Keterampilan Perlu Dikembangkan Sebelum Memulai Bisnis Baru

(entrepreneur.bisnis.com)- JAKARTA – Memulai bisnis akan sulit, jika persiapannya tidak matang dan Anda tidak memiliki identifikasi yang tepat untuk pasar.

 

Juga jika Anda turun ke lapangan tanpa menguasai beberapa keterampilan lebih dulu, Anda mungkin kesulitan menemukan kesuksesan. Dilansir melalui Entrepreneur, berikut keterampilan paling penting yang harus diketahui pengusaha:

 

1-Microsooft Ezcel

Microsoft Excel, salah satu program terpenting berbisnis. Program ini jauh lebih dari sekadar perangkat lunak lembar bentang, meski keberadaannya sangat membantu pekerjaan. Menguasai Excel membantu Anda menganalisis data, perencanaan keuangan, dll yang penting untuk menjalankan bisnis berbasis data dan berorientasi solusi.

 

2-Bicara didepan umum

Pengusaha harus dapat menjual produk atau layanannya pada orang lain. Ketika Anda menawarkan kepada investor, karyawan, atau pelanggan potensial, kemahiran bicara di depan umum jadi aset yang signifikan. Dengan keterampilan ini, Anda cenderung menginspirasi orang untuk melihat visi Anda dan bergabung dengan perusahaan Anda.

 

3-Mengembangkan rencana bisnis

Tiap pengusaha butuh rencana bisnis. Proses penulisan rencana bisnis juga penting, ini perjalanan, dan pengalaman berbeda untuk setiap pengusaha. Anda akan belajar keterampilan baru yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan profesional dan membuat Anda jadi pemilik bisnis lebih baik di masa depan. Saat ini ada bermacam kursus perencanaan bisnis yang tersedia secara offline dan online.

 

4-Data Sccience

Data jadi daya dorong utama bisnis. Sebagai wirausahawan, jika berhasil memodelkan dan memahami data, Anda selangkah lebih maju. Dengan menguasai keterampilan ini, Anda berhemat uang dengan tidak harus menyewa analis, tetapi Anda juga akan memiliki keterampilan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

 

5-Pemasaran berbasis FB (FB Marketing)

FB adalah platform periklanan terbesar kedua di planet ini, yang berarti itu alat utama bagi setiap pengusaha untuk memulai bisnis. Dalam kursus yang tersedia di berbagai platform, Anda akan belajar  menjangkau dan terlibat audiens baru di Facebook. Memulai dengan menjalankan strategi pemasaran FB bermanfaat bagi bisnis Anda.

 

6-Optimasi mesin pencari (Search Engine Optimazation)

Jika Anda tak  banyak modal untuk bekerja ketika baru memulai, iklan berbayar bukan pilihan utama. Optimisasi mesin pencari (SEO), sering tersedia gratis dan hanya butuh pemahaman teknis cara membuat konten menonjol secara online. Sejumlah kursus menunjukkan bagaimana cara memunculkan halaman web Anda di bagian atas halaman pencarian Google.

 

7-Copywriting

Keterampilan copywriting yang hebat akan menjual produk. Anda dapat mengalihdayakan konten pemasaran dan penjualan Anda ke pihak ketiga, atau Anda dapat mengatasinya sendiri. Beberapa panduan mengajarkan Anda cara menulis iklan yang menjual sehingga Anda dapat berhemat dan menghasilkan lebih banyak uang pada saat yang sama.

 

8-Quickbooks.

QuickBooks, perangkat lunak akuntansi teratas di pasar. Ketika Anda menggunakan QuickBooks secara efektif, Anda dapat menangani semua kebutuhan keuangan dan pembukuan bisnis Anda, sehingga menghemat uang pada layanan akuntansi. Program ini membantu Anda melacak inventaris, pembayaran vendor, faktur, dan banyak lagi.

 

9-Keterampilan Generalis

Pengusaha terbaik tak pernah berhenti belajar. Berangkat dari pemikiran itu, Anda dapat mengunjungi Big Think Edge. Perpustakaan ini dipenuhi  kuliah dari para profesor Ivy League dan para pakar terkenal dunia seperti Elon Musk dan Malcolm Gladwell, yang membahas beberapa topik terpenting saat ini.

 

10-Manajemen Proyek

Manajemen proyek adalah tentang menemukan cara yang efisien dan tidak boros dalam melakukan sesuatu. Bagi wirausahawan yang mungkin kekurangan uang setelah memulai usaha, keterampilan ini  penting. Ada metodologi manajemen proyek teratas yang dapat dipelajari seperti Scrum, Agile dan PMP.

 

(Nirmala Aninda; Editor : Novita Sari Simamora; Bahan dari : Bisnis.com dan https://entrepreneur.bisnis.com/read/20200526/52/1244970/10-keterampilan-yang-perlu-dikembangkan-sebelum-memulai-bisnis-baru)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close