Aku cinta Indonesia

Asosiasi Emiten Ungkap Berkah Tersembunyi Virus Corona Ke RI

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) menyebut pandemi Covid-19 membawa berkah tersembunyi bagi dunia bisnis. Berkah terjadi akibat beralihnya dominasi rantai pasokan global dari China ke negara berkembang seperti Indonesia.

 

Ketua Umum AEI Franciscus Welirang yakin di tengah penyebaran virus corona, pihaknya dapat ambil berkah dari tatanan baru rantai pasokan global yang 20 persennya dipegang Negeri Tirai Bambu.

“Pandemi covid-19 ini juga memberi suasana baru pada rantai pasokan dunia yang tadinya dikuasai 20 % oleh China kini bergeser ke beberapa negara lain. Karena pandemi, kami berpeluang ambil cake (bagian) dari rantai pasokan global itu,” ucapnya lewat video conference pada Kamis (11/6).

Franky, panggilan akrabnya, menilai Indonesia sebagai salah satu negara yang mencetak pertumbuhan positif pada kuartal I 2020 merupakan indikator kuat akan kemampuan  mengambil alih posisi China di panggung internasional.

 

Namun, ia mengingatkan pemerintah tak terlena dengan peluang itu. Ia meminta pemerintah untuk memperbaiki iklim investasi yang selama ini menjadi momok bagi investor asing untuk menanamkan uangnya di pasar modal dalam negeri agar peluang itu bisa diraih.

Di kesempatan sama, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan mendatangkan capital inflow (modal masuk) di tengah pandemi virus corona merupakan tantangan. Terutama, setelah investor asing ramai-ramai angkat kaki dari pasar modal Indonesia.

Untuk itu, Airlangga berpesan kepada AEI untuk memastikan investor asing mampir ke pasar modal dalam negeri pada tatanan normal baru. “Tugas AEI dan BEI untuk memastikan capital outflow berputar menjadi inflow,” pungkasnya.

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran keluar modal asing pada pekan pertama dan kedua Mei 2020 sekitar Rp5,9 triliun. Besarnya arus modal keluar di pasar saham itu, menurutnya, tak bisa dilepaskan dari kondisi pasar saham global yang masih tak menentu

 

“(Pasar) saham memang masih mengalami outflow. Di minggu kedua, outflow Rp2,72 triliun, Minggu pertama adalah Rp3,19 triliun,” tuturnya dalam video conference, Kamis (28/5).

Bank sentral mencatat ada arus modal masuk inflow di pasar SBN sebesar Rp6,15 triliun. Angka itu meningkat dibanding arus masuk modal asing di pasar SBN pada pekan pertama sebesar Rp2, 97 triliun.

 

(wel/agt;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200611210420-92-512445/asosiasi-emiten-ungkap-berkah-tersembunyi-virus-corona-ke-ri)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close