Aku cinta Indonesia

Niat Indonesia Bangun Bandara Antariksa Pertama Di Biak

(travel.detik.com)-BIAK; Kita kenal bandara melayani penumpang dan kargo. Indonesia akan memiliki Bandara Antariksa internasional pertama di Biak, Papua. Bandara antariksa beda dengan bandara umumnya, bandara ini disebut pelabuhan antariksa (kosmodrom), pusat peluncuran wahana antariksa.

Tak semua negara memiliki bandara antariksa dan yang terkenal di dunia yaitu Kennedy Space Center (KSC), AS. Iran memiliki Qassed di Gurun Markazi. Jepang punya Bandara Oita. China memiliki Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di tengah Gurun Gobi dan Eastern Aerospace Port (EAP), pelabuhan antariksa terapung, dibangun di lepas pantai Kota Haiyang, Provinsi Shandong.

Pelabuhan antariksa ini untuk meluncurkan roket dari Samudera Pasifik. Perancis da pusat peluncuran ruang angkasa Kourou, Guyana Perancis. Brasil memiliki pusat peluncuran ruang angkasa Alcantara, wilayah timur laut Brasil. India memiliki Pusat Peluncuran Satish Dhawan di Sriharikota. Australia memiliki bandara antariksa di Pulau Christmas, Samudera Hindia.

Indonesia  berencana membangun Bandara sejenis di Kampung Soukobye, Distrik Biak Utara, Kab-Biak Numfor. Posisinya 1 derajat Lintang Selatan dan berhadapan Samudera Pasifik, dan dinilai aman dijadikan lokasi peluncuran satelit. Lokasi Biak yang dekat ekuator, dinilai sangat efisien dan murah dalam meluncurkan satelit karena tidak perlu ada manuver untuk mengubah orbitnya.

Rencana pembangunan ini disampaikan Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro. Dia sejak beberapa bulan lalu mengungkapkan wacana pemerintah membangun bandara khusus antariksa di Biak, Papua. Indonesia perlu mengambil peran pada ekonomi yang kini banyak dilirik negara-negara di dunia.

Pendekatan untuk menatap eksplorasi angkasa luar. Seperti memanfaatkan penguasaan teknologi dan peningkatan kualitas SDM yang adaptif pada riset dan inovasi terkait ilmu antariksa. “Indonesia berwacana membangun bandara antariksa di Biak, Papua. Indonesia berada pada posisi terbaik untuk meluncurkan roket karena Biak dekat dengan ekuator,” kata Bambang.

Mengutip CNBCIndonesia, Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM, Ikmal Lukman mengatakan akan memanfaatkan sumber daya alam demi memuluskan rencana yang butuh banyak investasi. “Karena memanfaatkan potensi SDA kita, yang kondisi lapangan kita yang kondusif untuk keperluan investasi yang ada di Biak. Kita coba maksimalkan SDA sehingga bermanfaat lagi bagi investasi,” ujarnya.

Sayangnya, pemerintah belum mau sepenuhnya membuka rencana ini. Salah satu alasannya, pertimbangan mengenai peta persaingan dengan negara lain.

“Kami BKPM, nggak bisa langsung announce karena kita khawatir, kadang kita selain bernegara, bersahabat tapi untuk investasi kita bersaing,” jelasnya. “Kalau bicara lebih detil, seperti yang saya sampaikan di Korea (investasi lain), mungkin sampai Desember nggak ada yang tahu nego hampir 4-5 bulan. Begitu dealdiumumkan,” ujarnya.

(ddn/ddn; Hari Suroto;  Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-5477457/soal-niat-indonesia-bangun-bandara-antariksa-pertama-di-biak-papua )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close