Aku cinta Indonesia

BMKG Pasang 14 Alat Penyebaran Info Gempa Dan Peringatan Tsunami Di Jateng

(beritasatu.com)-BANJARNEGARA;  BMKG pada tahun-2020 memasang 14 alat penyebarluasan info gempa dan peringatan dini tsunami di wilayah di Jateng. Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie mengatakan besar alat itu terpasang di lokasi target dan sebagian dilaksanakan dalam waktu dekat.

 

“Untuk Provinsi Jateng, BMKG memasang alat ini di 14 lokasi tersebar di 13 kabupaten/kota,” kata distasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, (13/6/2020).

 

Wilayah ITU :  Banjarnegara, Batang, Boyolali, Pemalang, Banyumas, Blora, Cilacap, Grobogan, Klaten, Pekalongan, Tegal, Wonogiri, termasuk dua lembaga penyiaran yaitu RRI Purwokerto dan TVRI Semarang.

 

Alat penyebarluasan info gempa dan peringatan dini tsunami ini bernama Warning Receiver System (WRS) NewGen yaitu teknologi terobosan baru. “Alat ini memberikan informasi gempa lebih cepat, karena bersifat waktu nyata secara otomatis dari BMKG,” katanya.

 

Dia katakan percepatan penyebarluasan info gempa dan peringatan dini tsunami ini memastikan  pemangku kebijakan dapat mengambil langkah penting, lalu cepat dalam penanganan bencana, sehingga bermanfaat dalam menyelamatkan masyarakat dari bencana.

 

“WRS NewGen menyajikan info kurang dari 3 menit, dan bisa dua menit setelah terjadi gempa. Meski parameternya sementara, dapat digunakan BPBD atau pemangku kebencanaan segera merespons guna melakukan langkah mitigasi, sehingga diharapkan mengurangi korban jiwa dan dampak gempa lainnya secara dini,” jelas Setoajie.

 

Dia harap terpasangnya alat ini, dapat meningkatkan performa penyebarluasan info gempa dan peringatan dini tsunami dari BMKG Pusat Jakarta ke kantor unit pelaksana teknis BMKG, pemda, kementerian lembaga, media dan lembaga lain terkait penanganan bencana, khususnya di Jawa Tengah.

 

“Harapan kami, adanya percepatan penyebarluasan info gempa dan peringatan dini tsunami ini, akan mempercepat respons penanganan bencana, sehingga menyelamatkan masyarakat dari bencana” katanya.

 

(CAH;  Bahan dari : ANTARA dan https://www.beritasatu.com/digital/644689-bmkg-pasang-14-alat-penyebarluasan-info-gempa-dan-peringatan-dini-tsunami-di-jateng)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close