Aku cinta Indonesia

Mensos dan Men-BUMN luncurkan e-Warung di Surabaya

Surabaya-Setelah Malang, Sidoarjo, dan Mojokerto, e-warung kini ada di Surabaya. Tak hanya sembako, penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan penerima beras rakyat sejahtera (Rastra) di Surabaya juga bisa dapat pupuk subsidi dan LPG 3 kg di warung elektronik tersebut.

Di sebut e-warung karena saat membeli warga tinggal melakukan transaksi elektronik menggunakan kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera. Fitur transaksi elektronik sendiri difasilitasi oleh BNI.

Transaksi elektronik itu diujicoba oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Menteri BUMN Rini Soemarno di e-Warung Koperasi Usaha Bersama Elektronik (KUBE) milik Suparmi, di Kelurahan Sidosermo, Kecamatan Wonocolo Surabaya.

“E-warung ini saluran bantuan untuk warga urang mampu dan mengajak warga untuk berusaha meningkatkan pendapatan,” ujar Rini kepada wartawan di lokasi, Sabtu (6/8/2016).

Menteri BUMN dilibatkan karena transaksi elektronik selain menggunakan BNI, juga menggunakan bank milik negara yang lain. Menurut Khofifah, keuntungan2 e-warung ini. Pertama efektivitas. Kedua adalah ketepatan bantuan, dalam arti tak akan ada lagi ruang kemungkinan terpotong. Dan tak ada kemungkinan ter-downgrade kualitasnya karena menerima dalam bentuk e-payment.

 

“Sejumlah nilai yang yang dikonversikan di e-warung bisa memaksimalkan ketepatan sasaran, waktu, dan jumlah,” ujar Khofifah.

Khofifah mengklaim bahwa e-warung ini akan memudahkan masyarakat menerima bansos. Dan Khofifah berharap akan makin banyak bantuan sosial dari pemerintah yang diintegrasikan melalui e-warung.

“Masyarakat miskin punya warung yang captive market yang teregistrasikan dalam bentuk koperasi masyarakat sejahtera,” kata Khofifah.

Khofifah meminta kepada semua pihak agar tak khawatir e-warung bakal kolaps. Karena setiap bulannya BNI akan melakukan pengecekan.

“Tahun ini kami mentarget 300 e-warung. Tahun depan target kami adalah 3 ribu e-warung,” tandas Khofifah. (dhn/dhn; Imam Wahyudianta; http://news.detik.com/berita/3269904/mensos-khofifah-dan-menteri-bumn-rini-luncurkan-e-warung-di-surabaya?_ga=1.6443314.1039356485.1469840757)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close