Wisata dan Kuliner

Bekas Pabrik Gula Jadi Rest Area Kekinian Di Brebes

(travel.detik.com)-BREBES;   Bagi pemudik yang kembali dari Jateng lewat tol, mampirlah ke Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes. Ini bekas pabrik gula yang jadi rest area kekinian. Di kalangan pengguna jalan tol dan pemudik, kehadiran rest area ibaratnya oase di tengah padang gurun.

 

Tak sedikit rest area di sepanjang jalan tol hadir unik dengan kelebihannya masing-masing. Momen liburan, pemudik pengguna jalan tol yang pulang ke Jakarta atau Jabar dari Jateng kian dimanjakan  hadirnya Rest Area KM 260B Banjaratma di Kabupaten Brebes yang dioperasikan sejak 17/3/2019.

 

Berlokasi di Tol Pejagan-Pemalang, Rest Area KM 260B Banjaratma ini kreasi terbaru dari sinergi BUMN. Sebelum jadi seperti sekarang ini, dulu rest area ini bekas pabrik gula PG Banjaratma. Sejarahnya, dulu eks pabrik gula itu beroperasi (1913) di bawah Belanda, akhirnya gulung tikar tahun 1998 akibat tingginya biaya operasional. Tak berapa lama, bangunan itu ditetapkan sebagai cagar budaya.

Dari tak terurus, sinergi BUMN melirik PG Banjaratma karena lokasinya dekat dengan jalan tol. Pemugaran dimulai hingga beres 100%. Namun, PG Banjaratma kembali berdenyut sebagai rest area kini. Saat mudik dari Solo beberapa waktu lalu, detikcom  menyambangi Rest Area KM 260B itu dalam perjalanan ke Jakarta. Bangunan eks pabrik gula ini besar dan tampak jelas dari kejauhan.

 

Terpukau oleh bangunan cagar budaya ini, mobil pun segera saya tepikan di rest area itu. Suasana sepi saat saya datang. Ruang parkir lapang dan banyak di kiri kanan. Tujuan saya mampir ini untuk mengisi bensin. Namun, saat itu belum tersedia SPBU. Untung saja sudah tersedia Pertamini yang menjajakan Permatax hingga Solar.

Sudah mampir, sayang kalau tidak sekalian turun. Dari bagian depan, sekilas tampak jelas jejak masa lampau PG Banjaratma di masa jayanya. Tembok bata yang sedikit terkelupas dan menampakkan warna merah aslinya, menandakan lama perjalanannya.

Masuk ke dalamnya, kesan lawas hilang lewat panorama berupa deretan booth kuliner dan UMKM yang ditata berjajar. Sisa-sisa bata merah dan besi lawas bekas alat pemrosesan gula menyatu dengan bangku dan meja yang kekinian.

 

Booth yang hadir bervariasi, mulai penjaja makanan hingga minuman dengan aneka menu. Malah, ada UMKM yang menjajakan kopi serius layaknya di kafe kekinian. Menikmatinya sambil mengagumi bangunan eks pabrik gula, membuat kesan yang berbeda.

Bila diperhatikan, traveler bisa menemukan detil otentik dari eks pabrik gula ini. Contohnya seperti pembuat tiang besi yang namanya terpatri di sisi tiang hingga tegel lama yang menghiasi salah satu sisi dindingnya. Tentunya cocok bagi kamu yang menikmati sejarah.

 

Di sisi luar, traveler bisa melihat bekas lokomotif uap jadul yang dulu digunakan mengangkut pohon tebu. Sudah tak berfungsi, kehadirannya jadi pengingat masa kejayaan pabrik gula sekaligus spot foto bagi kaum milenial.

Rencana akhirnya, rest area akan dilengkapi masjid, air mancur hingga taman akan mempercantik eks pabrik gula tersebut. Apabila mudik lewat tol, coba deh mampir ke rest area yang digadang-gadang terindah di Indonesia tersebut.

 

(bnl; bnl; Johanes Randy Prakoso; Bahan dari : https://travel.detik.com/domestic-destination/d-4579322/ada-bekas-pabrik-gula-yang-jadi-rest-area-kekinian-di-brebes)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close